LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Menuju Perguruan Tinggi Berakreditasi Internasional

        Dalam upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah Jawa Barat dan Banten, LLDIKTI Wilayah IV telah melaksanakan Sharing Pengalaman Persiapan menuju Akreditasi Internasional. Kegiatan ini dilaksanakan hari Rabu, 17 Oktober 2018 bertempat di Aula Kantor LLDIKTI Wilayah IV Jalan Penghulu Haji Hasan Mustofa No. 38 Bandung dan dihadiri oleh 74 orang peserta dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Peserta yang hadir merupakan perguruan tinggi yang terakreditasi A, B dan C.

      Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah IV menyampaikan bahwa kondisi akreditasi perguruan tinggi dan program studi di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV saat ini baru 3 PTS yang terakreditasi A, 43 PTS yang terakreditasi B, 107 PTS yang terakreditasi C dan 316 PTS yang belum terakreditasi. Hal ini menunjukkan tingkat urgensi yang tinggi untuk memacu PTS agar meningkatkan akreditasi perguruan tingginya, begitu juga dengan akreditasi program studi.

        Hadir dalam kegiatan ini sebagai narasumber Prof. Dr. Adiwijaya, M.Si. (Rektor Universitas Telkom) menyampaikan materi dengan tema Persiapan menuju Akreditasi Internasional, Dr. Hj. Dewi Indriani, S.E., M.Si. (Rektor Universitas Wanita Internasional) menyampaikan materi dengan tema Best Practice Kerjasama Double Degree pada Perguruan Tinggi dan Dr. Islahuzzaman, S.E., Ak., CA. (Rektor Universitas Widyatama) menyampaikan materi terkait implementasi instrument akreditasi sembilan standar. Tujuan dilaksanakannya kegiatan agar menjadi sarana dan motivasi kepada PTS agar meningkatkan Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi dari akreditasi C menjadi B, dari akreditasi B menjadi A dan dari akreditasi A menjadi akreditasi internasional.(HP)

Materi Workshop

1. Telkom Univ Sharing Akreditasi Internasional

2. Lampiran_PerBAN-PT_59 2018_Panduan_Penyusunan_LKPT_APT

3. Lampiran_PerBAN-PT_59_2018_Matriks_Penilaian_APT_PTA_PTN_BLU

4. Lampiran_PerBAN-PT_59_2018_Matriks_Penilaian_APT_PTA_PTN_Satker

5. Lampiran_PerBAN-PT_59_2018_Matriks_Penilaian_APT_PTA_PTNBH

6. Lampiran_PerBAN-PT_59 2018_Matriks_Penilaian_APT_PTV_PTN_BLU

7. Lampiran_PerBAN-PT_59 2018_Matriks_Penilaian_APT_PTV_PTN_Satker

8. Lampiran_PerBAN-PT_59 2018_Matriks_Penilaian_APT_PTV_PTS

9. Lampiran_PerBAN-PT_59 2018_Panduan_Penyusunan_LED_APT

10. BEST PRACTISE KERJASAMA PROGRAM DOUBLE DEGREE PERGURUAN TINGGI

Share:

More Posts