LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

“BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN STATUTA PERGURUAN TINGGI SWASTA LLDIKTI WILAYAH IV WILAYAH CIANJUR DAN SEKITARNYA”

Cianjur – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Statuta Perguruan Tinggi Swasta, tanggal 27 s.d. 28 Maret 2019. Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus Universitas Suryakancana ini mengundang 105 Perguruan Tinggi Swasta yang berada di wilayah Bogor, Bekasi, Depok, Cianjur dan Sukabumi.

Kegiatan Bimbingan teknis ini dibuka secara resmi oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. Dalam sambutannya, Uman menyampaikan bahwa Badan Penyelenggara dan PTS harus memiliki pemahaman yang sama pada saat penyusunan statuta. “Jika ada yang tidak sepaham makan di masa depan akan bermasalah, ujar Uman”.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini menghadirkan beberapa narasumber yang mempunyai kapabilitas dalam proses penyusunan statuta diantaranya, Prof. Dr. Uman Suherman AS., M.Pd, Dr. Imam Aschuri, M.T., Dr. Ujang Suratno, S.H., M.Si., Ir. Yusep Ikrawan, M.Sc., Ph.D, Ardi Gunardi, S.E., M.Si. dan Maman Budiman, S.H., M.H. Tujuan dilaksanakannya Bimbingan Teknis ini adalah agar perguruan tinggi memahami dasar hukum, materi dan ketentuan umum yang tertera dalam statuta perguruan tinggi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan, agar perguruan tinggi mampu menyusun peraturan penyelenggaraan tridharma meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, kebebasan akademik dan otonomi keilmuan, etika akademik/kode etik, gelar dan penghargaan, serta informasi lain yang diperlukan dan agar perguruan tinggi mampu menyusun system pengelolaan yang meliputi organisasi perguruan tinggi, tata cara pengangkatan pimpinan organ pengelola, system pengendalian dan pengawasan internal, system pengendalian dan pengawasan internal, mahasiswa dan alumni sarana dan prasarana kerjasama.

Share:

More Posts