LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Mewujudkan Daya Saing Bangsa Melalui Inovasi Perguruan Tinggi

Jatinangor – Perguruan tinggi khususnya di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV memiliki potensi produk inovasi yang sangat besar. Namun, banyak diantaranya produk inovasi yang akhirnya tidak diproduksi lagi (discontinue). Salah satu penyebabnya adalah minimnya media untuk mempromosikan dan mengekspos, serta menjadi wadah bertemunya penyedia teknologi, industri dan pengguna untuk saling mengetahui kebutuhan dan ketersediaan inovasi teknologi yang ada.

LLDIKTI berdasarkan Permenristekdikti no 15 tahun 2018 pasal 3 LLDIKTI mempunyai tugas melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah kerjanya, memiliki keinginan dan komitmen dalam mendorong hasil- hasil yang menjadi sebuah inovasi produk teknologi, penyerapan lulusan sebagai tenaga kerja serta serta dalam upaya melaksanakan program Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) dan dalam rangka Ulang Tahun LLDIKTI ke-1.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV menyelenggarakan Pameran Inovasi Perguruan Tinggi, Job Fair dan Gerak Jalan Santai pada tanggal 12 s.d. 14 Desember 2019. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Diklat LLDIKTI Wilayah IV Jatinangor mengusung tema “Mewujudkan Daya Saing Bangsa Melalui Inovasi Perguruan Tinggi”.

Hadir dan membuka acara secara resmi, Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. Beliau menyampaikan pameran inovasi ini merupakan perwujudan dari MoU yang telah dibuat tahun 2018, MoU tersebut merupakan jembatan untuk menunjukan bahwa seluruh PTS itu sejajar.

“Pameran inovasi ini bisa dijadikan ajang silaturahmi antar perguruan tinggi barangkali yang dipamerkan ini memiliki benang merah yang sama, dengan demikian penelitian tidak lagi dilakukan oleh perguruan tinggi apalagi perseorangan tapi akan terbentuk suatu forum untuk berkolaborasi antar perguruan tinggi dalam membuat suatu penelitian”.

Peserta yang mengikuti pameran sebanyak 60 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan total produk sebanyak 122 dari total 317 produk yang mengikuti seleksi. Job fair dilaksanakan selama 2 hari yaitu mulai hari ini tanggal 12 s.d. 13 Desember 2019, dan puncak acara akan dilaksanakan lomba gerak jalan santai yang diikuti oleh kurang lebih 170 tim.

Turut hadir pada acara pembukaan Rektor Universitas Widyatama Prof. Dr. Obsatar Sinaga, M.Si., Ketua ABPPTSI Banten Drs. PO Abas Sunarya, Ketua KORPRI sekaligus Ketua Paguyuban Besar LLDIKTI Wilayah IV Prof. Dr. Endang Komara, M.Pd.

Share:

More Posts