LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Sosialisasi Program Kompetisi Kampus Merdeka 2022

Bandung – Senin, 21 Maret 2022, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset  dan Teknologi menyelenggarakan Sosialisasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) 2022 bagi perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah IV. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong, memfasilitasi dan mempercepat Perguruan Tinggi dalam menerapkan kebijakan Kampus Merdeka serta mendorong transformasi di bidang Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan kualitas lulusan Pendidikan Tinggi, meningkatkan kualitas dosen Pendidikan Tinggi dan meningkatkan kualitas kurikulum dan pembelajaran.

Hadir dan membuka kegiatan secara resmi, Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T. menyampaikan bahwa Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) 2022 sangat penting bagi seluruh Perguruan Tinggi di LLDIKTI Wilayah IV dengan 2 manfaat sekaligus yaitu:

  1. Secara Substansial bisa memperoleh manfaat dengan banyak mahasiswa dan Perguruan Tinggi yang mengikuti program program Kampus Merdeka.
  2. Secara Finansial dengan proposal yang disusun oleh Perguruan Tinggi, Kementerian akan memberikan dukungan pendanaan untuk meningkatkan pelaksanaan Kampus Merdeka.

LLDIKTI Wilayah IV sangat mendorong agar program ini dapat dimanfaatkan oleh Perguruan Tinggi seoptimal mungkin dan menargetkan lebih dari 40 Perguruan Tinggi untuk dapat memperoleh Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) 2022. Harapan kami Perguruan Tinggi untuk proaktif agar program MBKM bukan lagi menjadi sebuah program tetapi menjadi sebuah gerakan.

Beberapa bentuk kegiatan pembelajaran program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dapat mendorong atau mengeksplorasi kemampuan mahasiswa diantaranya magang, studi independen, pertukaran mahasiswa, mengajar di sekolah, penelitian, proyek kemanusiaan, aktivitas kewirausahaan serta pembangunan desa atau KKN, tambah Samsuri.

Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan Live pada kanal Youtube LLDIKTI Wilayah IV dengan narasumber Dr. Anggraini Barlian membahas Panduan Penyusunan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) 2022, Prof. Dr. Ing Setyawan Purnomo Sakti membahas Struktur Proposal Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) 2022., dan Rian Adrian membahas Penggunaan Aplikasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) 2022.

Share:

More Posts