LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

InfoPTS: Telkom University Gelar Wisuda Melalui Metaverse Pertama di Indonesia

Sidang Terbuka Senat Telkom University (Tel-U) dengan agenda wisuda Magister, Sarjana, Sarjana Terapan dan Ahli Madya Periode II Tahun Akademik 2021/2022 diselenggarakan pada Sabtu (09 April 2022).

Wisuda Telkom University kali ini sedikit berbeda, di mana dalam Wisuda Telkom University Periode II TA 2021/2022 diselenggarakan di dunia Metaverse untuk pertama kali semenjak pandemi Covid-19 melanda di tahun 2020 lalu.

Menurut Dr. Anisah Firlli selaku ketua panitia wisuda periode II, wisuda kali ini dilaksanakan menggunakan platform Metaverse, di mana pelaksanaan wisuda dengan platform Metaverse ini menjadi yang pertama diselenggarakan di Indonesia.

Menurut Fat’hah Noor Prawita, selaku dosen Fakultas Ilmu Terapan (FIT) Telkom University yang mengembangkan konsep ini menjelaskan bahwa wisuda Telkom University dengan konsep Metaverse ini didukung oleh platform Mozilla Hubs yang telah dikustomisasi sedemikian rupa sehingga wisudawan nantinya benar-benar dapat merasakan experience wisuda secara langsung di kampus, dengan menggunakan perangkat laptop maupun headset Virtual Reality (VR).

“Kami mengambil venue Gedung Damar, salah satu gedung auditorium yang telah ada semenjak STT Telkom berdiri. Gedung Damar dibuat secara virtual mirip aslinya. Tidak hanya itu, wisudawan juga dapat memilih karakter avatarnya masing-masing sesuai fakultas dan karakteristiknya. Dalam hal ini dibantu oleh Rikman Aherliwan Rudawan dosen D4 Teknologi Rekayasa Multimedia FIT dan tim mahasiswanya dalam pembuatan avatar serta visual dari Gedung Damar.” Jelasnya.

Pada kesempatan kali ini Ketua Senat Universitas Telkom Dr. Ismail mengukuhkan 1.285 wisudawan dari 32 program studi, di antara 43 program studi pada tujuh fakultas di Telkom University. 

Setelah melalui prosesi pelantikan ini, para wisudawan akan bergabung dengan Forum Alumni Universitas Telkom (FAST) dengan jumlah alumni lebih dari 64 ribu orang dan tersebar di 30 negara, antara lain Amerika Serikat, Brazil, Australia, Selandia Baru, United Kingdom, Netherland, Swedia, Norwegia, Perancis, Jerman, Belgia, Polandia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Cambodia, China, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Nigeria, Nepal, Uzbekistan, Tajikistan, dan Timor Leste. 

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya dalam sambutannya merasa bangga kepada seluruh wisudawan/wati yang telah menyelesaikan pendidikannya di Telkom University.

“Selamat kepada seluruh wisudawan/wati, di tengah pandemi ini tetap bersemangat menyelesaikan kewajibannya sebagai mahasiswa sehingga bisa melaksanakan wisuda, walaupun wisuda kali ini berbeda, semoga tidak menyurutkan semangat kita untuk terus memberikan yang terbaik untuk bangsa kita tercinta ini.” Jelasnya. 

Saat ini Telkom University telah terakreditasi Unggul, di mana Tel-U menjadi PTS pertama di Indonesia yang memperoleh akreditasi Unggul, di mana sebelumnya Tel-U telah terakreditasi A di tahun 2016. Telkom University juga telah mendapat predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia dalam kurun waktu 2 tahun berturut-turut (2019 dan 2020) oleh Kemenristekdikti.

Untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Tel-U telah mempersiapkan 3 jalur Work Ready Program (WRAP). Di mana mahasiswa bisa memilih untuk lulus dengan keahlian yang berbeda-beda, yakni Researchship (dengan penelitian), Internship (dengan magang di Industri) dan Entrepreneurship (dengan membangun usaha baru).

“Dari WRAP tersebut mahasiswa bisa memilih apakah nanti menjadi lulusan yang ahli dalam bidang penelitian untuk menjadi dosen, atau lulusan yang bergabung dalam dunia industri, dan menjadi seorang wirausaha.” Jelas Rektor.

Prof. Adiwijaya menyampaikan, Telkom University sebagai perguruan tinggi yang masih terhitung muda, namun saat ini Telkom University telah diakui dunia melalui prestasinya. Hal ini dibuktikan dengan Telkom University berhasil menampati peringkat 2 (dua) nasional sebagai perguruan tinggi dengan usia kurang dari 50 tahun, berdasarkan Times Higher Education (THE) denganmerilis daftar THE Young University Rankings 2022.

“Prestasi dunia ini merupakan amanah bagi kami (Tel-U) untuk terus memberikan mutu pendidikan terbaik bagi masyarakat Indonesia, sehingga ke depan Telkom University dapat mencetak generasi bangsa yang dapat membawa nama harum tidak hanya bagi kampus tapi juga untuk bangsa Indonesia.” Ucapnya.

Selain itu memasuki tahun 2022, Prof. Adiwijaya menyampaikan berbagai prestasi yang telah diraih di tahun ini, dimana diawal tahun 2022 ini, beragam pencapaian juga telah diraih Telkom University, di mana sebelumnya Tel-U dinobatkan sebagai PTS nomor satu di Indonesia versi Webometrics dan peringkat ke-7 di Indonesia serta peringkat ke 1.408 dunia.

“Selain itu dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV, Tel-U berhasil meraih 6 penghargaan yaitu: terbaik untuk akreditasi Unggul tahun 2021, terbaik untuk PTS dengan mahasiswa terbanyak yang melakukan kegiatan di luar kampus, PTS dengan mahasiswa berprestasi terbanyak, pengelolaan data kerjasama terbaik, PTS terbaik dengan kepatuhan pengisian Simonev terbaik, dan terbaik dalam pengelolaan data kerjasama anugerah DIKTIRISTEK 2021.” Jelas Prof. Adiwijaya.

Melalui sambutannya Prof. Adiwijaya berpesan kepada seluruh wisudawan/wati yang sedang berbahagia saat ini, bahwa tagline Telkom University sebagai pencetak pemimpin masa depan merupakan sebuah komitmen untuk menghasilkan generasi yang well educated bagi bangsa.

Share:

More Posts

Informasi LLDIKTI Wilayah IV

Undangan Program EduVate 2024

Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV Dalam