LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Workshop Kiat Tembus Jurnal Internasional Bereputasi

Bandung – Jumat, 5 Agustus 2022, Sebagai salah satu upaya dalam peningkatan kualitas penelitian dan memberikan pemahaman yang benar terkait publikasi karya ilmiah yang baik dan mempublikasikannya di jurnal yang kredibel, LLDIKTI Wilayah IV menyelenggarakan Workshop Kiat Tembus Jurnal Internasional Bereputasi mulai Jumat s.d Sabtu, 5 s.d 6 Agustus 2022.

Kegiatan diawali dengan laporan ketua panitia Gina Indriani, S.Si., M.T yang menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini upaya LLDIKTI Wilayah IV untuk terus meningkatkan kinerja penelitian dari para dosen karena merupakan bagian tridharma yang sangat penting dan juga sebagai salah satu syarat untuk kenaikan jabatan akademik dosen, yang saat ini masih menjadi kendala para dosen dalam hal penelitian. Untuk itu LLDIKTI Wilayah IV berharap agar para dosen dapat terbantu meningkatkan kinerja penelitian.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T membuka acara secara resmi dan dalam sambutannya menyampaikan bagi peserta yang hadir luring sudah terseleksi untuk dapat menulis jurnal internasional bereputasi. Hal tersebut mengindikasikan peserta punya kapasitas dan kualitas untuk menjadi calon profesor.

LLDIKTI Wilayah IV terus mendorong klaster terkait produktifitas penelitian yang sudah banyak di level madya, meskipun masih didominasi yang belum memiliki klaster. Ini menjadi perhatian LLDIKTI Wilayah IV untuk terus mendorong klaster semakin naik, himbau Samsuri.

Produktifitas jurnal publikasi nasional maupun internasional tercatat sudah cukup baik dari tahun sebelumnya, workshop dan pelatihan kegiatan ini akan sangat bermanfaat jika para peserta dengan data yang dimiliki lalu dilakukan review dan lolos bisa dapat jurnal internasional. Berbagai peluang kerjasama dengan LLDIKTI Wilayah IV akan dioptimalkan terutama terkait peningkatan kualitas SDM Perguruan Tinggi yang menjadi perhatian, kerena kami ingin Perguruan Tinggi memiliki kualitas dan kami berupaya untuk mengedepankan mahasiswa agar masuk di Perguruan Tinggi yang berkualitas yang dapat dilihat dari lulusan yang cepat terserap di dunia kerja dan cepat melanjutkan studi lanjut. tegas Samsuri.

Kegiatan workshop dilaksanakan secara luring di De Java Hotel Bandung yang mengundang 100 peserta lolos seleksi dan daring melalui Zoom Meeting dan Youtube yang mengundang Ketua LPPM Perguruan Tinggi di LLDIKTI Wilayah IV. Narasumber workshop ini mengundang Direktur Riset Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat Prof. Ir. Teuku Faisal Fathani, S.T., M.T., Ph.D., IPU., ASEAN Eng dengan tema Kebijakan Peningkatan Mutu Riset, Teknologi dan PKM. Prof. Dr. Eng. Khairurrijal, M.Si dengan tema Menciptakan Riset Berkelas Dunia Lewat Teknologi Sederhana. Prof. Dra. Indah Susilowati, M.Sc., Ph.D dengan tema Penulisan Karya Ilmiah yang Berkualitas untuk Memenuhi Syarat Khusus Usulan Guru Besar. Purba Purnama, Ph.D dengan tema Best Practice Penulisan Karya Ilmiah Berskala Internasional. Dan moderator Prof. Ir. A. Harits Numan., S.T., M.T., Ph.D. Dr. Drs. H. Hidayat, M.Si. Dr. Senen Machmud., M.Si. Heri Purwanto, S.T., M.T.

Share:

More Posts