LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

AJANG PENGANUGRAHAN PILMAPRES 2022 TELAH DISELENGGARAKAN

Guna meningkatkan jiwa kompetitif di kalangan mahasiswa, Puspresnas yang merupakan salah satu satuan kerja dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyelenggarakan pagelaran Pemilihan Mahasiswa Berprestasi atau kerap disebut sebagai Pilmapres. Selain bertujuan untuk meningkatkan jiwa kompetitif mahasiswa, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Acara Pilmapres 2022 dimulai pada Hari Kamis, 29 September 2022 dan Puncak Acara Penganugrahan diselenggarakan pada Hari Sabtu, 1 Oktober 2022 di Universitas Indonesia dan disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Puspernas serta Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia.

Acara dibuka dengan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Bapak Nadiem Makarim. Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan harapannya agar seluruh kegiatan mahasiswa dapat memberikan dampak positif terhadap aspek keilmuan dari mahasiswa. Kedepannya, beliau sangat ingin mahasiswa mampu mengasah skill dari berbagai bidang walaupun berbeda dari bidang kajian program studinya dan para mahasiswa yang menjadi pemenang pada ajang pilmapres dapat memotivasi mahasiswa lain agar dapat berprestasi juga kedepannya. Acara dilanjutkan dengan persembahan dari para finalis pilmapres yang menampilkan persembahan musikalisasi puisi hingga penampilan seni budaya oleh para finalis jenjang sarjana, dan penampilan nyanyian lagu nasional ‘tanah airku’ serta diiringi puisi oleh para finalis dari jenjang diploma.

Pada acara inti dilakukan penganugrahan kepada para pemenang dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi atau Pilmapres 2022 pada jenjang Diploma dan Sarjana. Berikut nama peraih penghargaan Pilmapres 2022 pada jenjang Diploma :

NamaAsal Perguruan TinggiPenghargaan
Ivan Taufiq NugrahaInstitut Pertanian BogorJuara 1 Nasional
Ujang SupriyadiPoliteknik Elektronika Negeri SurabayaJuara 2 Nasional
Nazilatul HidayahUniversitas DiponegoroJuara 3 Nasional
Muhammad Yusuf BasqaraUniversitas TelkomJuara Kehormatan

Selain pembacaan pada jenjang diploma, pada kesempatan yang sama juga dibacakan peraih penganugrahan Pilmapres 2022 pada jenjang sarjana. Berikut adalah nama peraih penghargaan Pilmapres 2022 jenjang sarjana :

NamaAsal Perguruan TinggiPenghargaan
Ilham MuhammadUniversitas DiponegoroJuara 1 Nasional
Fiqey Indrianti Eka SariInstitut Teknologi Sepuluh NovemberJuara 2 Nasional
Alifia Zahratul IlmiInstitut Teknoogi BandungJuara 3 Nasional

Penghargaan diberikan secara simbolis oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia, Bapak Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris.

Acara kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama yang dilakukan oleh para finalis. Dengan adanya Pagelaran Pilmapres 2022, diharapkan seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia dapat terpacu motivasinya untuk berprestasi di berbagai bidang. Sehingga, esensi dari kegiatan ini sebagai ajang apresiasi dapat terealisasikan dengan baik.

Share:

More Posts