LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Bedah Buku dan Kuliah Umum ALDERA

Bogor – Rabu, 11 Januari 2023, diselenggarakan Kuliah umum dan bedah buku ALDERA yang digelar di Gedung Graha Pakuan Siliwangi Universitas Pakuan, Bogor. Acara yang dihadiri mahasiswa, akademisi, politisi dan praktisi ini, secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Pakuan, Prof. Dr. Ir. H. Didik Notosudjono, M.Sc, Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU, serta Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan RI, Dr. Pius Lustrilanang, S.IP., M.Si., CFRA., CSFA sebagai Keynote Speaker pada acara ini.

Dalam sambutannya Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M. Samsuri., S.Pd., M.T., IPU menyampaikan berbahagia LLDIKTI Wilayah IV dapat berkesempatan bersama Universitas Pakuan dan di dukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Biro Keuangan dan BMN menjadi tuan rumah acara kuliah umum dan bedah buku ALDERA dimana pasti sebagian dari kita mengalami fakta sejarahnya namun bertanya-tanya bagaimana yang terjadi sejarah perjuangan pada saat itu, banyak kaum-kaum muda yang memiliki keberanian luar biasa diantaranya yaitu Dr. Pius Lustrilanang, S.IP., M.Si., CFRA., CSFA.

Menurut Dr. Pius Lustrilanang, S.IP., M.Si., CFRA., CSFA tujuan dari buku ALDERA ini untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa, bahwa ada senior-seniornya  pada zamannya yang berjuang menegakan demokrasi meruntuhkan rezim otoriter. Demokrasi yang dibangun ini perlu waktu 20 tahun memperjuangkannya dan mempertahankannya sampai hari ini perlu 25 tahun.

Sejumlah pembicara dihadirkan dalam kegiatan ini yakni Dr. David Rizar Nugroho, M.Si (Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan), dan Dr. Iwan Darmawan, S.H., M.H (Kaprodi S2 Ilmu Hukum Sekolah Pascasarjana, Universitas Pakuan).

Kuliah umum dan bedah buku ALDERA, mengambil tema “Potret Gerakan Politik Kaum Muda 1993 – 1999”. Dalam buku ini diceritakan tentang perjuangan aktivis 98, yang berperan sebagai tonggak sejarah perjalanan bangsa Indonesia, dalam gerakan reformasi di Indonesia.

Share:

More Posts