LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Ormawa 2023 Wilayah Sukabumi, Cianjur, Bogor, Depok, Bandung

SUKABUMI, Universitas Muhammadiyah Sukabumi – Rabu, 22 Februari 2023,  LLDIKTI Wilayah IV bersama dengan Universitas Muhammadiyah Sukabumi menyelenggarakan Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Ormawa di Wilayah Sukabumi, Cianjur, Bogor, Depok dan Bandung. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendukung peningkatan Pengusulan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa dan Pembinaan Bantuan Ormawa Tahun 2023.

Kegiatan ini diselenggarakan secara luring di Aula Universitas Muhammadiyah Sukabumi dan secara daring melalui Zoom Meeting. Empat narasumber hadir pada kesempatan kali ini. Narasumber tersebut yaitu Fatimah Sari Siregar selaku reviewer PKM Belmawa Pusat, Harun Nasrullah selaku reviewer PKM dan Ormawa Belmawa, Dr. Soecipto selaku Simbelmawa PKM Belmawa dan Dr. Billy serta Dr. Lela selaku pembicara dari Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Selain itu, acara ini turut mengundang dosen pembimbing mahasiswa atau operator pengelola PKM dari 102 perguruan tinggi di wilayah Sukabumi, Cianjur, Bogor, Depok dan Bandung.

Acara dibuka oleh laporan dari Ketua Panitia, Yayan Mulyana, M.M. selaku Koordinator Fungsi Kemahasiswaan dan Tracer Study LLDIKTI Wilayah IV. Beliau menyampaikan bahwa program kreativitas mahasiswa merupakan program yang dapat melahirkan inovasi sebagai bentuk pembaharuan dan penerapan dari pengetahuan dan teknologi informasi yang didapatkan mahasiswa ketika di bangku perkuliahan. Ide-ide yang dihasilkan juga dapat menjadi bentuk solutif terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa PKM dapat menjadi suatu wadah bagi mahasiswa untuk membanggakan perguruan tingginya masing-masing, sehingga diharapkan pihak perguruan tingggi mendukung secara penuh dalam fasilitasi mahasiswa mengikuti kegiatan PKM dan Ormawa. . .

Materi pertama disampaikan oleh Fatimah Sari Siregar selaku reviewer PKM Belmawa Pusat yang menyampaikan materi mengenai Penggalian Ide dan Penekanan Bidang PKM 2023. Selanjutnya Harun Nasrullah selaku reviewer PKM dan Ormawa Belmawa menyampaikan materi mengenai Teknis Penyusunan Proposal, Tahapan dan Kebijakan PKM 2023. Pematerian ditutup oleh Dr. Soecipto dari Simbelmawa PKM Belmawa yang menyampaikan mengenai Workshop Sistem IT Simbelmawa PKM. Acara ditutup dengan kegiatan sharing session PKM dengan Dr. Billy dan Dr. Lela dari Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Share:

More Posts