LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Dorong Upaya Pencapaian IKU, LLDIKTI Wilayah IV Gelar Sosialisasi Peningkatan Kerjasama

BANDUNG, 17 Maret 2023 – LLDIKTI Wilayah IV kurang lebih mengundang sebanyak 100 perguruan tinggi untuk mengikuti sosialisasi terkait strategi pelaksanaan kerjasama dalam pencapaian IKU serta implementasi MBKM di masing-masing perguruan tinggi. Adapun kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung pada hari Jumat, 17 Maret 2023 di Gedung Aula LLDIKTI Wilayah IV yang terletak di Jl. Phh. Mustofa No.38, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sesuai dengan pernyataan yang disampaikan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV dalam sambutannya bahwa telah terjadi peningkatan kerjasama sebanyak 10,47% antara PT dengan mitra sepanjang tahun 2022. Akan tetapi beliau juga menyampaikan bahwa sebanyak 234 perguruan tinggi masih terpantau pasif dalam pelaporan di laman lapkerma.kemdikbud.go.id.

Maka dari itu, urgensi dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut adalah untuk memberikan pengarahan bagi Perguruan Tinggi agar dapat menentukan strategi yang tepat untuk pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) melalui pelaksanaaan kerjasama. Selain itu, implementasi kegiatan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) juga menjadi poin pembahasan penting dalam kegiatan sosialisasi yang membahas terkait pelaksanaan kerjasama tersebut.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, LLDIKTI Wilayah IV menghadirkan tiga narasumber relevan yang membahas materi terkait pentingnya pelaksanaan kerjasama bagi perguruan tinggi. Pada sesi pertama, pemaparan materi terkait Strategi Optimalisasi Kerjasama Perguruan Tinggi diberikan oleh Dr. Vira Agustina S.Hum M.Si (Biro Kerjasama dan Humas Kemdikbudristek) yang menyampaikan pentingnya implementasi dan evaluasi dalam serangkaian alur hidup kerjasama.

Kemudian, dalam sesi kedua pemaparan materi terkait Strategi Peningkatan Dan Pengembangan Kerjasama PT serta Implementasi MBKM diberikan oleh Dr. Rr Dewi Anggraeni S.H., M.H yang dalam paparannya terus mendorong upaya peningkatan kerjasama antar perguruan tinggi dalam praktik MBKM untuk mencapai Indikator Kinerja Utama.

Selanjutnya, dalam sesi ketiga pemaparan materi terkait Peluang dan Potensi Kerjasama Dengan Pemerintah Daerah disampaikan oleh Dr. Wasdi M.Si yang memberikan penjelasan secara teknis mengenai regulasi, tahapan administratif dan alur kerjasama dengan pemerintah daerah.  

Share:

More Posts