LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Dorong Peningkatan Akreditasi Perpustakaan, LLDIKTI Wilayah IV Gelar Bimbingan Teknis Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi

LLDIKTI Wilayah IV melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis terkait Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV pada tanggal 26 s/d 27 Juni 2023 bertempat di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung. Pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman bahwa perpustakaan di perguruan tinggi itu sangat penting begitu juga sama pentingnya dalam mengakreditasi perpustakaan sesuai dengan standar perpustakaan perguruan tinggi yang berlaku.

Dr. M. Samsuri S.Pd., MT., IPU., selaku Kepala LLDIKTI Wilayah IV dalam sambutannya menyampaikan arahan bahwa perguruan tinggi harus memiliki perpustakaan karena hal tersebut dapat digunakan sebagai bagian dari peningkatan komponen akreditasi prodi dan institusi, serta sebagai sarana untuk menunjang pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi yang akan berujung kepada peningkatan mutu perguruan tinggi.

Pemaparan materi terkait pentingnya akreditasi bagi perpustakaan perguruan tinggi disampaikan oleh Dra. Adriati, M.Hum. dari Perpustakaan Nasional RI, sedangkan materi terkait tata cara pengisian instrumen akreditasi perpustakaan perguruan tinggi disampaikan oleh Dra. Hj. Ika Candrawulan dari Dispusipda Jawa Barat dan Hada HIdayat Margana, M.I.Kom. dari FPPTI Jawa Barat. Selain itu, Rika Yuliant, M.I.Kom. dari Universitas Telkom juga menyampaikan materi terkait tips perpustakaan meraih akreditasi unggul.

Melalui pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis akreditasi perpustakaan perguruan tinggi tersebut, diharapkan perguruan tinggi  di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV mampu memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dengan salah satu  elemen pentingnya adalah meningkatkan tata kelola perpustakaan menjadi perpustakaan yang terakreditasi.