LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

LLDIKTI Wilayah IV Gelar Sosialisasi Permendikbudristek No 53 Tahun 2023

LLDIKTI Wilayah IV menyelenggarakan Sosialisasi Permendikbudristek No.53 Tahun 2023. Kamis, 14 September 2023 di Gedung Aula LLDIKTI Wilayah IV, Kota Bandung. Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Bapak Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., hadir sebagai narasumber utama dalam kegiatan tersebut. 

Gagasan utama Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 adalah penyederhanaan pada lingkup standar, standar kompetensi lulusan, standar proses pembelajaran dan penilaian. Jadi, LLDIKTI Wilayah IV selalu terbuka dengan berbagai mitra strategis, yang memiliki potensi untuk mendongkrak kualitas. Dalam mengelola perguruan tinggi, yang paling utama adalah bagaimana kepuasan masyarakat, yang kedua adalah kecepatan atau kualitas dari lulusan. Oleh karena itu, semakin banyak masyarakat memberikan kepercayaan, semakin yakin masyarakat kepada mutu perguruan tinggi tersebut.

Dalam Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 prinsip dasarnya adalah penyederhanaan secara aturan yang selama ini diatur detail oleh kementrian, termasuk penyederhanaan kompetisi lulusan dan standar proses pembelajaran dan penilaian. Dampak positif dari penyederhanaan lingkup standar adalah memberikan ruang lebih luas kepada perguruan tinggi, dan mengurangi beban pelaporan dalam proses akreditasi. Dampak positif dari standar kompetensi lulusan adalah program studi dapat menentukan bentuk tugas akhir, mendorong perguruan tinggi menjalankan kampus merdeka dan berbagai inovasi pelaksanaan Tridharma. Dampak positif dari penyederhanaan standar proses pembelajaran dan penilaian adalah perguruan tinggi dapat menentukan distribusi SKS yang terbaik sesuai karakteristik mata kuliah, tidak terbatas pada kegiatan belajar dalam kelas, tidak memaksakan penilaian indeks prestasi yang kaku pada kegiatan di luar kelas atau uji kompetensi, ujar Samsuri. 

Merdeka Belajar Episode Ke-26: Kampus Merdeka merupakan langkah awal transformasi sistem akreditasi, yaitu akreditasi diperbaharui secara otomatis setiap 5 tahun, re-akreditasi bersifat sukarela bagi perguruan tinggi dan program studi yang sudah siap naik peringkat akreditasi. Re-akriditasi tetap dapat dilakukan kapan saja bila ada indikasi penurunan kualitas perguruan tinggi atau program studi, program studi yang berhasil mendapatkan akreditasi internasional tidak perlu menjalani proses akreditasi nasional. Status akreditasi disederhanakan dan pemerintah menanggung biaya akreditasi wajib, baik yang dilakukan BAN-PT maupun LAM, proses akreditasi program-program studi dapat dilaksanakan bersama pada tingkat pengelola program studi. Dampak positinya yaitu standar yang menjadi basis akreditasi lebih sederhana dan instrumen akreditasi juga lebih sederhana dan mengurangi beban administrasi perguruan tinggi.

Keterkaitan antara Permendikbudristek No.53 Tahun 2023 dengan Indikator Kinerja Utama perguruan tinggi yaitu mengenai pentingnya meningkatkan kompetensi lulusan perguruan tinggi, bukan hanya dalam hal akademik tetapi juga dalam hal kompetensi profesi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi dan kolaborasi antara pihak-pihak menjadi titik temu yang penting untuk menjawab tantangan era industri 4.0. PT Orbit Future menjadi salah satu mitra yang memiliki potensi dalam mendukung pelatihan para lulusan di Indonesia agar siap turun ke dunia kerja. Orbit Skills merupakan platform belajar online yang menawarkan beragam kursus dan kurikulum dengan kemudahan akses dari para mitra terkemuka untuk membangun dan meningkatkan keterampilan guna mengejar tujuan karir di industri 4.0

Share:

More Posts