LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

LLDIKTI Wilayah IV Sukses Menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kehumasan dan Kerja Sama Perguruan Tinggi Tahun 2023

Bandung, LLDIKTI Wilayah IV – Senin, 11 September 2023  LLDIKTI Wilayah IV menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kehumasan dan kerjasama yang mengundang 437 Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Barat dan Banten bertempat di Harris Hotel & Conventions, Festival Citylink, Bandung. Kegiatan diawali dengan laporan Ketua Panitia Kegiatan, Bapak Dr. Agus Supriatna, S.Sos.,M.Si. dan dilanjutkan dengan sambutan pembukaan acara secara resmi sekaligus arahan Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Bapak Dr. M.Samsuri, S.Pd., M.T.,IPU. Pada kesempatan ini juga beliau memaparkan program kerja kehumasan LLDIKTI Wilayah IV baik yang sudah terlaksana maupun yang baru akan dilaksanakan serta memaparkan Standar Implementasi PPKS di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV dan Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar Episode ke- 26: Transformasi Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi. Rakor ini memiliki tujuan : 

  1. Meningkatkan kesadaran peran kehumasan dan kerjasama yang berfungsi menjaga hubungan strategis antara institusi dan kepentingan antar institusi. 
  2. Meningkatkan kesadaran peranan Humas dan Kerjasama sebagai integral penerjang capaian tujuan dan kolaborasi antara internal dan eksternal. 
  3. Meningkatkan informasi agar tercipta profesionalisme serta dapat memberikan kontribusi untuk mencapai efesiensi kerja. 
  4. Menentukan wadah konkrit yang harus dilakukan oleh Perguruan Tinggi Swasta dan LLDIKTI Wilayah IV di tahun 2023 dan tahun yang akan datang dalam penyelenggaraan yang mengaitkan Kehumasan dan Kerjasama. 

Selain itu, dalam kegiatan ini juga LLDIKTI Wilayah IV memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 26 Perpustakaan Perguruan Tinggi yang telah mendapatkan Akreditasi Perpustakaan predikat A dan B dalam jangka waktu 5 tahun terakhir. Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV kepada setiap perwakilan dari masing masing Perguruan Tinggi dan disambut dengan tepuk tangan yang meriah oleh seluruh peserta yang hadir.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Dr. Ani Yuningsih, Dra., M.Si. mengenai ‘Penguatan Kehumasan Perguruan Tinggi dengan LLDIKTI Wilayah IV’. Materi ini berfokus untuk membahas Pentingnya Penguatan Kehumasan Perguruan Tinggi, dan Memahami Urgensi Kolaborasi Humas Perguruan Tinggi dengan LLDIKTI. Materi kedua disampaikan oleh Dr. Dani Rusirawan Mengenai “Strategi Pelaksanaan Kerja Sama Internasional” materi ini berfokus bagaimana membangun dan mengembangkan kerjasama internasional serta apa yang dibutuhkan perguruan tinggi untuk eksis pada era global. Materi ketiga disampaikan oleh Ibu Dinna Handini, S.Sos., M.I.Kom. sebagai Pranata Humas Muda Ditjen Diktiristek. Dengan materi”Anugrah Diktiristek 2023” materi ini berfokus membahas teknis pelaksanaan Anugrah Diktiristek serta apa saja yang perlu dipersiapkan oleh perguruan tinggi untuk mengikuti ajang tersebut.

Kegiatan ini juga sangat interaktif karena dalam seluruh permaterian tersebut terdapat sesi tanya jawab dari peserta kepada setiap narasumber. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran terhadap peran kehumasan dan kerjasama  serta dapat membentuk jaringan kehumasan antara perguruan tinggi dengan LLDIKTI Wilayah IV untuk sarana informasi dan komunikasi dalam pencapaian komitmen kinerja perguruan tinggi. 

Share:

More Posts