LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

“Berpacu dalam Mutu, Bersinergi untuk Negeri” LLDIKTI Wilayah IV Gelar Workshop Transformasi Digital di Perguruan Tinggi

Bandung, 25 Oktober 2023. LLDIKTI Wilayah IV berkolaborasi dengan PT. Sinergi Transformasi Digital (member of metrodata) menyelenggarakan Workshop Transformasi Digital di Perguruan Tinggi bertempat di Palm Royale Ballroom, Hotel Aston Tropicana Bandung. Kegiatan ini dihadiri oleh 158 peserta dari perwakilan Perguruan Tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV. Kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi oleh narasumber Widyawan, Ph.D yang memaparkan terkait “Overview Transformasi Digital di Perguruan Tinggi dan Case Study Implementasi Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi.” Dilanjutkan dengan Narasumber kedua adalah tim dari PT.Sinergi Transformasi Digital (member of metrodata) yang memaparkan terkait “Strategi dan Kebijakan Transformasi Digital oleh Metrodata”. Dan pemaparan narasumber ketiga, yang disampaikan oleh tim Matching Fund yang memaparkan terkait “Program Matching Fund, Potensi Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri di area Transformasi Digital”. Kegiatan ini dibuat sangat interaktif, karena setiap sesi pemaparan materi difasilitasi sesi diskusi antara narasumber dan peserta terkait materi dan implementasi transformasi digital di Perguruan Tinggi.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU turut hadir dan menyampaikan sambutan bahwa setiap unit pelayanan harus mampu menerapkan prinsip katalisator bukan inhibitor yang artinya setiap unit pelayanan harus mampu memudahkan pengguna dalam mengajukan dan mendapatkan layanan yang cepat, tepat dan bermutu. Dengan mengimplementasikan transformasi digital melalui pelayanan JAD online, LLDIKTI Wilayah IV dapat meningkatkan jumlah pencapaian jabatan akademik dosen dan guru besar di tahun 2023. Melihat dari hal tersebut, Samsuri berharap perguruan tinggi juga dapat meningkatkan pelayanan melalui transformasi digital. Dengan adanya transformasi digital harus mampu memberikan kemudahan bagi proses pembelajaran civitas akademika di perguruan tinggi, salah satunya dengan mempermudah akses-akses terhadap bahan pembelajaran dan pelayanan-pelayanan akademik lainnya yang dapat ditransformasikan secara digital.

Selain itu, pada kegiatan ini juga dilaksanakan seremoni penandatanganan MOU, kerjasama antara LLDIKTI Wilayah IV dengan PT. Sinergi Transformasi Digital (member of metrodata) yang ditandatangani oleh Samsuri sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah IV dan Sutedjo Tjahjadi sebagai Strategy and Invesment Director PT Metrodata Electronics. Diharapkan dengan adanya kerjasama yang terjalin dapat saling mendukung serta meningkatkan penyelenggaraan kampus merdeka dan mewujudkan pelayanan perguruan tinggi yang lebih cepat, tepat dan bermutu dalam dunia pendidikan. Kegiatan ini ditutup dengan slogan “Berpacu dalam mutu, bersinergi untuk Negeri”.

Share:

More Posts