LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Pelatihan Kepemimpinan Perguruan Tinggi di LLDIKTI Wilayah IV 

Pemimpin bercita-cita mengembangkan ilmu pengetahuan, kurikulum, dan teknologi untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia bagi pimpinan universitas dan calon pimpinan. Oleh karena itu, LLDIKTI Wilayah IV mengadakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Perguruan Tinggi yang dihadiri oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M. Samsuri S.Pd., M.T., IPU. melalui zoom meeting, dan dihadiri secara langsung oleh Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah IV, Dr. Agus Supriatna S.Sos., M.Si., Wakil Rektor Sumberdaya Universitas President, Direktur President Research Centre Universitas President, Ketua Pusat Unggulan Inovasi Pelayanan Kefarmasian dan Dosen Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran. 

Pelatihan kepemimpinan perguruan tinggi merupakan program yang sangat bagus dalam rangka  mengembangkan leadership atau pola kepemimpinan dan manager di sektor pendidikan tinggi di indonesia dalam rangka membangun good university governments dan membangun kerangka dan jejaring kepemimpinan dan juga membangun kerangka dan jejaring konsorsium yang memfokuskan pada pengembangan kebutuhan dari penguatan-penguatan sistem akademik dan non akademik. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV dalam sambutannya. Beliau menyampaikan hal Ini penting karena pemimpin PT tentu memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan atau merespon perubahan struktur sektor pendidikan di Indonesia. Perguruan Tinggi itu sejatinya adalah ujung tombak untuk kemajuan bangsa karena PT itu memiliki peran dalam membangun SDM. Karna itu, kesempatan untuk mengembangkan leadership skill dan managerial skill dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan pada kesempatan ini, kita akan belajar dari bagaimana cara mengembangkan leadership skill dan managerial skill dengan para narasumber yang disponsori oleh erasmus dalam rangka peningkatan capasital building di Indonesia. Beliau berharap, para perguruan tinggi dapat melakukan konsorsium sebagai bentuk upaya implementasi sebuah kolaborasi dengan berbagai pihak. Kegiatan ini merupakan jembatan untuk membangun kolaborasi, diharapkan fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh LLDIKTI Wilayah IV dapat dibagikan, karena kemajuan itu tidak mungkin dilakukan seorang diri, kemajuan itu pasti terjadi karena kolaborasi. 

Erasmus dan iHiLead memiliki empat pembicara, yaitu Maria Jacinta Arquisola BA., MHRM., Ph.D., Dr. Adhi Setyo Santoso, ST., MBA., Neily Zakiyah, M.Sc., Ph.D., David Dawson Ph.D., FCIPD, SHEA. mereka menyampaikan bahwa Indonesia akan disebut sebagai Indonesia Emas pada tahun 2024, ini merupakan tantangan yang besar untuk kita karena kita harus meraih sesuatu yang lebih dari sekarang. Ada empat pilar Indonesia Emas yaitu SDM yang unggul di bidang sains dan teknologi, pembangunan ekonomi berkelanjutan, akses yang adil terhadap infrastruktur, memperkuat ketahanan dan tata kelola nasional. iHiLead memiliki Role pada Pasal 4 UU 12 Tahun 2012, yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan civitas akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif melalui penyelenggaraan Tridharma, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan. Selain itu, para pembicara juga menyampaikan ada tiga ide yang sangat penting untuk sukses, yaitu menciptakan kejelasan, menciptakan energi, dan mengantarkan kesuksesan. 

iHiLead LMDP Objectives memiliki empat poin utama yaitu respond, untuk permintaan pemimpin dan manager yang lebih baik di perguruan tinggi. Increase, meningkatkan jumlah pemimpin terampil di Institusi dan sektor pendidikan tinggi, memberikan pengembangan untuk membantu pemimpin dan manajer menjadi lebih percaya diri, dan memberikan sertifikasi kepada kandidat program. iHiLead memiliki program dengan 3 fase, yaitu membangun inisiatif untuk mempertajam pengetahuan tentang kepemimpinan. Fase 2 yaitu proyek perubahan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan dan manajemen dengan menciptakan perubahan. Fase 3 yaitu menciptakan dampak sebagai fase akhir pelatihan yang dirancang untuk mencerminkan secara kritis keseluruhan fase dan proyeknya. Dengan menerapkan hal tersebut, iHiLead meraih kesuksesan yang signifikan, banyak program yang berhasil diselesaikan pada Januari 2023, dan sekarang sedang menjalankan program dengan 13 kelompok yang akan berakhir di Desember 2023 sampai Januari 2024, dengan mengembangkan keanggotaan pemimpin lebih luas, hampir 200 lembaga sudah menjadi anggota. Beliau berharap, semoga dengan diadakannya kegiatan ini, banyak Perguruan Tinggi di Indonesia yang bergabung dengan programnya. 

Pada dasarnya, pelaku pendidikan tinggi umumnya tidak dilatih menjadi pemimpin, kondisi eksternal dan internal yang cepat berubah pada sektor pendidikan tinggi, dan kepemimpinan dapat dikembangkan didukung dengan pengetahuan dan keterampilan yang dapat dipelajari dan dilatih. Erasmus dan iHiLead merupakan konsorsium beranggota Kementrian Dikbudristek, 7 PT Indonesia dan 3 PT Eropa yang bertujuan untuk membentuk jaringan pelatihan dan pengembangan kepemimpinan, menyelenggarakan program pelatihan kepemimpinan dan manajemen yang berdurasi dari 2021-2024 (Juni), saat ini telah menyelenggarakan training for trainers, pelatihan ujicoba, dan implementasi untuk 208 unsur pimpinan PT. iHiLead memiliki peran untuk mengembangkan jaringan Pendidikan Tinggi Indonesia, yang diharapkan menjadi wadah untuk melakukan sharing knowledge, mengembangkan keterampilan, mengembangkan kegiatan dan training berbasis kebutuhan seputar penciptaan dampak melalui pembelajaran tindakan dari protek kontekstual yang diperlukan pendidikan tinggi, dan memberikan sertifikasi. 

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, para Pimpinan Perguruan Tinggi dapat bergabung dalam asosiasi Erasmus dan iHiLead. Asosiasi ini bertujuan untuk mendorong perubahan Perguruan Tinggi Indonesia menuju kemajuan sesuai dengan aspirasi dan tujuan pendidikan di Indonesia. 

Share:

More Posts