LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Terus Berikan Layanan Secara Optimal, LLDIKTI Wilayah IV Berhasil Borong 8 Penghargaan Pada Ajang Anugerah Diktriristek 2023

Jakarta, LLDIKTI Wilayah IV – Rabu, 13 Desember 2023 LLDIKTI Wilayah IV menghadiri dan menerima 8 Penghargaan pada ajang tahunan Ditjendikti  yaitu Anugerah Diktiristek Tahun 2023. bertempat di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel  Anugerah Diktiristek adalah pemberian apreasiasi kepada pemangku kepentingan dari perguruan tinggi, (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) LLDIKTI,Mitra dari Kementrian/Lembaga, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), serta jurnalis dan teman-teman media atas kinerja dan dukungan dalam pelaksanaan program maupun kebijakan pendidikan tinggi. Anugerah ini awalnya bermula dari Anugerah Humas dan Jurnalistik kemudian di tahun 2020 diperluas menjadi Anugerah Diktiristek yang diberikan kepada Perguruan Tinggi  dan seluruh mitra nya. 

Kegiatan di awali dengan sambutan oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D beliau memaparkan bahwa Perjalan transformasi pendidikan tinggi selama 4 tahun ini telah berjalan dengan akseleratif dan alhamdulilah hasilnya mulai nampak dan kita rasakan bersama melalui program transformasi (Mandiri Belajar Kampus Merdeka) MBKM dan mengeratkan hubungan kampus dengan DUDI ,kerjasama baik dalam pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat. juga telah menetaskan banyak hasil yg dirasakan oleh masyarakat dan DUDI 

Selain itu Pada akhir taun 2023 laporan Global Innovation Index, dimana salah satu indikator nya adalah kolaborasi kampus dengan DUDI dalam riset dan pengembangan pada Tahun 2022 menempati peringkat ke-35 pada tahun 2023 naik menjadi peringkat ke-5 naik 30 peringkat, satu lompatan tidak tanggung tanggung karna ini merupakan pemeringkatan di tingkat dunia. 

laporan pemeringkatan dari INSEAT yaitu lembaga yg setiap 5 tahun menerbitkan pemeringkatan atas daya saing talenta, indonesia selama 5 tahun terakhir mengalami peningkatan daya saing talenta tertinggi di Asia dan no 2 di Dunia, dengan kenaikan 14 peringkat dari peringkat ke-85 menjadi ke-71 melompat 14 peringkat tentu saya yakin bahwa prgram Kampus Merdeka  berkontribusi sangat signifikan dalam kenaikan tersebut.saya yakin bahwa itu adalah hasil kolaborasi kampus dengan dunia usaha dengan dunia industri .

Kegiatan di lanjutkan dengan sambutan dari Sekjen Kemendikbudristek Ir. Suharti, M.A., Ph.D. beliau memaparkan bahwa Tahun 2023 sudah memasuki tahun ke-4 pelaksanaan kebijakan MBKM sejak di luncurkan awal tahun 2020, selama 4 Tahun kemendikbudristeik telah menghadirkan berbagai program Flagship Kampus Merdeka yg dapat diikuti oleh civitas akademika di seluruh Perguruan Tinggi di indonesia. 

melalui program MBKM kita mendorong mahasiswa untuk belajar di luar kampus dan mengakui pengalaman mereka sebagai bentuk pembelajaran, MBKM telah mengasah keterampilan dari berbagai macam sisi dari mahasiswa untuk membangun karakter dan seluruh komponen diri mereka utama nya dalam menghadapi lapangan kerja di masa depan. beliau menegaskan bahwa dengan dana pendidikan yg naik setiap tahun nya tidak akan bisa mengungkit kinerja Pendidikan Tinggi  jika hanya mengandalkan dana dari pemerintah saja, karena banyak sekali yg mesti di bagi, termasuk untuk Gaji dan Tunjungan para guru. 

Kemendikbudristek tidak punya cukup Resource tanpa dukungan dari para mitra, apalah artinya dan sebagai bentuk apreasiasi di tahun 2023 Kemendikbudristek melalui Ditjendiktristek memberikan penghargaan di acara Anugerah Diktiristek 2023 kepada bapak ibu yang telah bekerja luar biasa dalam mendukung terwujudnya transformasi pendidikan tinggi demi kemajuan indonesia. kami berharap anugerah ini juga bisa membangkitkan semangat dalam berkarya dan meningkatkan kinerja kita semua bapak/ibu di perguruan tinggi, LLDIKTI, dan Ditjendikti, semua yg terlibat sudah berbuat sangat banyak untuk meningkatkan kinerja untuk membangun kolaborasi meningkatkan kualitas Perguruan Tinggi (PT), partisipasi PT, relevansi PT dengan kebutuhan dunia kerja.       

Acara di lanjutkan dengan Pembagian Anugrah dimana LLDIKTI Wilayah IV Menerima 8 Penghargaan di berbagai Kategori diantaranya : 

1. Gold Winner Kategori Unit Layanan Terpadu Terbaik 

2. Gold Winner Kategori Siaran Pers Terbaik

3. Gold Winner Kategori Kampus Merdeka Mandiri 

4. Gold Winner PPPPTS 

5. Silver Winner Kategori Pelaporan SPMI Terbaik

6. Silver Winner Kategori Kampus Mengajar 

7. Silver Winner Kategori Pelaporan Kerjasama Terbaik

8. Bronze Winner Kategori Insan Humas Terbaik.

Penghargaan langsung diterima oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU. beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh Perguruan Tinggi baik itu Badan Penyelenggara,Yayayasan,Pimpinan Perguruan Tinggi, dan seluruh civitas akademika atas seluruh kerjasama dan juga saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan LLDIKTI Wilayah IV, anak-anak magang, kemudian semua elemen-elemen LLDIKTI Wilayah IV atas kerja keras nya membawa LLDIKTI Wilayah IV semakin maju .