LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Zero New Stunting menjadi Salah Satu Tujuan Utama dalam Pelaksanaan Program Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa

Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M. Samsuri S.Pd., M.T., IPU menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh mahasiswa peserta PTMGRMD tahun 2023, karena sudah menjadi contoh untuk tidak hanya menjadi Menara Gading di perguruan tinggi saja, melainkan menjadi Menara Gading di desa-desa. Hal tersebut disampaikan pada sambutan kegiatan Pisah Sambut Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa 2024 pada hari Rabu, 24 Januari 2024 di Pendopo Kabupaten Sumedang, yang dihadiri langsung oleh Pj. Bupati Sumedang, Drs. Herman Suryataman, M.Si, Ketua Pelaksana PTMGRMD Tahun 2023, Prof. Dr. Ir. A. Harits Nu’man, MT., Ph.D., IPM., Ketua Umum PTMGRMD Tahun 2024, Prof. Dr. Edi Setiadi, S.H., M.H. Dalam sambutannya juga, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., IPU menyampaikan bahwa kita harus satu step lebih maju, lebih baik, daripada yang sebelumnya. Semoga ini semua akan menjadi pengalaman yang berharga, menjadi bekal kesuksesan dalam meniti kampus kehidupan.

Pada pelaksanaan PTMGRMD Tahun 2023, terdapat 49 Perguruan Tinggi, 258 Mahasiswa, dan 49 Dosen Pendamping Lapangan yang berpartisipasi, juga terdapat 26 Desa yang melaksanakan kolaborasi dengan kegiatan PTMGRMD Tahun 2023. Program ini memiliki 3 Key Perfomance Indicator (KPI), yaitu: Zero New Stunting, Literasi Masyarakat Miskin Ekstrim, One Village One Product (OVOP). Dalam laporan ketua pelaksana PTMGRMD Tahun 2023, Prof. Ir. A. Harits Nu’man MT., Ph.D., IPM menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk sama-sama bergotong royong dalam membangun desa, tentunya untuk menghasilkan kinerja kolaborasi yang optimal dari berbagai pihak, khususnya implementasi hexa-helix dalam dunia pendidikan, usaha atau industri, dan pemerintahan. Harapan diadakannya kegiatan ini juga semoga mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman, kesadaran untuk tetap berinteraksi dengan lingkungannya sehingga mampu mengembangkan kepribadiannya.

Pelaksanaan PTMGRMD Tahun 2023 dilanjutkan dengan PTMGRMD Tahun 2024, yang dilaksanakan di 251 Desa, dengan target partisipasi 2.510 mahasiswa. Menurut data per 23 Januari 2024, jumlah perguruan tinggi yang berpartisipasi sebanyak 122 Perguruan Tinggi, dan 1010 Mahasiswa. Pendaftaran PTMGRMD Tahun 2024 ini diperpanjang sampai tanggal 2 Februari 2024, dan data tersebut akan diperbaharui per tanggal 4 Februari 2024. Pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan pasca Pemilu, yaitu antara tanggal 15 atau 16 Februari 2024. Dalam sambutannya, Ketua PTMGRMD Tahun 2024, Prof. Edi Setiadi, S.H., M.H yakin bahwa mahasiswa ini akan menjadi ragi di masyarakat, bukan membuat masalah, karena mereka akan bekerja sesuai arahan dari dosen pembimbing lapangan. 

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., IPU, Asean ENg, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc. menyampaikan sambutan melalui zoom meeting bahwa mahasiswa peserta PTMGRMD ini sudah melakukan yang terbaik untuk mempratikan ilmunya yang terimplementasikan dan memberi manfaat bagi masyarakat. Di samping itu juga, tentu para mahasiswa belajar dari kampus kehidupan, belajar mengenai permasalahan di desa, kehidupan di desa, juga berbagai tantangan sekaligus peluang ekonomi di desa-desa. Program ini merupakan bentuk kerja sama yang sangat baik. Semua pengalaman yang dilalui menjadi pengalaman yang berharga dan memperkaya wawasan, memberikan inspirasi, dan terutama menguatakan karakter para mahasiswa. Semoga dari diadakannya program ini, banyak lulusan-lulusan nantinya melaksanakan urbanisasi ke desa untuk memajukan Bangsa Indonesia. 

Pada pelaksanaan PTMGRMD Tahun 2023, telah diadakan lomba Perencanaan Stunting di Desa Sumedang, dan telah mendapatkan 3 hasil: 

  1. Peringkat pertama diraih oleh Mahasiswa Pendamping Desa Bongkok, Kecamatan Paseh 
  2. Peringkat kedua diraih oleh Mahasiswa Pendampinng Desa Ganeas, Kecamatan Ganeas
  3. Peringkat ketiga diraih oleh Mahasiswa Pendamping Desa Sindulang, Kecamatan CImanggung.

Sambutan perwakilan mahasiswa PTMGRMD Tahun 2023 disampaikan oleh Ketua Kelompok Desa Licin, M. Agung Yahya yang berasal dari IKIP Siliwangi, ia menyampaikan bahwa setelah mengikuti kegiatan ini, ia mendapatkan berbagai macam ilmu, pengalaman yang sudah diperoleh di mana bisa berakselerasi dengan kemampuan dan keillmuan yang dimilikinya. Ia menyampaikan bahwa hal tersebut merupakan aktivitas untuk bermasyarakat dan berkontribusi secara langsung dan aktif dalam kontribusi yang nyata untuk kekuatan yang besar, karena menurutnya kekuatan yang besar berada dalam pundak kita yaitu sebagai generasi muda. Melalui program ini, mahasiswa mengimplementasikan Program pemerintah, yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan berkegiatan di luar kampus dan memenuhi 20 SKS. Ia mewakili para mahasiswa peserta PTMGRMD Tahun 2023 menyammpaikan ucapakan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada LLDIKTI Wilayah IV serta Pemerintah Kabupaten Sumedan yang sudah mendukung sehingga terjadi sinegritas yang baik ini. Ia juga berharap, semoga yang ia lakukan dengan seluruh peserta PTMGRMD Tahun 2023 dapat mendukung pembangunan dan kemajuan di Kabupaten Sumedang. 

Penutup dari acara Pisah Sambut Program Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa ini ditutup dengan sambutan dari Pj. Bupati Sumedang, Drs. Herman Suryatman yang menyampaikan banyak apresiasi dan terima kasih kepada seluruh perguruan tinggi yang sudah berpartisipasi, dan kepada sponsor yang sudah memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan Program Perguruan Tinggi Mandiri. Beliau berharap, program ini dengan cepat tersebar di seluruh Indonesia, tidak hanya di wilayah Sumedang saja. Karena, program ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa, perguruan tinggi, maupun desa. 

Share:

More Posts