LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

“BERPACU DALAM MUTU, BERSINERGI MEMBANGUN NEGERI”LLDIKTI WILAYAH IV GELAR RAPAT KOORDINASI PERGURUAN TINGGI DAN BADAN PENYELENGGARA TAHUN 2024 MENUJU INDONESIA EMAS 2045

Jakarta, LLDIKTI Wilayah IV – Senin, 19 Februari 2024  LLDIKTI Wilayah IV menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Perguruan Tinggi dan Badan Penyelenggara Tahun 2024 yang bertempat di The Krakatau Grand Ballroom,  Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Rapat koordinasi yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. ini dihadiri 16 Kepala LLDIKTI di seluruh wilayah Indonesia, 437 Perguruan Tinggi Swasta, 13 Perguruan Tinggi Negeri, 3 Perguruan Tinggi Luar Negeri, 390 Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta yang berada di Wilayah Jawa Barat dan Banten, mitra Dunia usaha dan Industri (DUDI), serta mitra Pemerintah Daerah. 

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah:

1. Mendorong Perguruan Tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV agar secara konsisten dapat terus menerus merancang dan meningkatkan mutunya sesuai dengan Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi

2. Mendorong Perguruan Tinggi dan Badan Penyelenggara pada LLDIKTI Wilayah IV untuk bersinergi dalam meningkatkan kompetensi lulusan yang kreatif dan inovatif melalui Gerakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Kegiatan ini diawali dengan laporan dan pemaparan capaian kinerja LLDIKTI Wilayah IV Tahun 2023 oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M.Samsuri, S.Pd., M.T.,IPU. Samsuri menyampaikan bahwa stimulus dari pemerintah terus berjalan karena lebih dari 10.000 Dosen dan juga lebih dari 200 Guru Besar semuanya telah mendapatkan tunjangan sertifikasi Dosen dan juga tunjangan kehormatan Guru Besar dengan total anggaran yang bergulir melalui LLDIKTI Wilayah IV sebanyak 439 miliar. Dinamika terus terjadi, tetapi Insya Allah berbagai aduan permasalahan kita selesaikan dengan sebaik baiknya. Insya allah semangat kita hari ini dengan satu tujuan yaitu “Berpacu dalam mutu, bersinergi untuk membangun negeri”. Perguruan tinggi itu bukan pesaing tetapi kita semua harus berkolaborasi, bersinergi tapi tetap berpacu untuk membangun mutu karena masyarakat tidak boleh dirugikan. Masyarakat harus mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas” 

Acara dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan acara secara resmi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim. Nadiem menyampaikan bahwa gerakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini adalah suatu perubahan historis, yang ingin saya tekankan adalah program tersebut harus kita lanjutkan. Melalui gerakan MBKM tersebut saya sampaikan kita adalah negara pertama yang membebaskan mahasiswa selama 2 semester untuk bisa belajar di luar kampus dan 3 semester untuk bisa belajar di luar program studi yang dipilih.  Ini adalah suatu hal yang historis yang memang sangat merepotkan banyak Bapak dan Ibu di ruangan ini, tetapi merupakan lompatan yang mungkin negara-negara maju sudah mulai merencanakan hal ini tetapi kita sebagai Warga Negara Indonesia sudah lebih dulu mengimplementasikannya.  

Harus kita akui meskipun pada perjalanannya ada berbagai macam permasalahan yang kita hadapi, tetapi kita harus tetap maju demi mewujudkan yang diharapkan oleh seluruh warga  Negara Indonesia yaitu menuju Indonesia Emas 2045. Saat ini, hampir sebanyak 1 juta mahasiswa yang magang ke luar negeri di perusahaan-perusahaan Multinasional ataupun Perusahaan Domestik, mahasiswa yang melakukan pindah perguruan tinggi selama satu semester untuk memilih program studi diluar yang dia pelajari sehari-hari dan juga banyak mahasiswa yang mengajar di SD,SMP di daerah 3T ini merupakan gerakan dan transformasi besar besaran dalam dunia pendidikan. 

Dalam setiap kunjungan ke daerah-daerah Nadiem menyampaikan sering mendapat kecemasan terkait keberlanjutan program MSIB ini, kecemasan itu membuat saya sangat senang. Karena itu membuktikan bahwa gerakan MBKM ini sudah menjadi gerakan kampus merdeka. Sudah bukan miliknya Kemendikbudristek lagi, tapi kampus merdeka sudah dimiliki setiap perguruan tinggi di seluruh Indonesia sebagai gerakan yang masif dan kolektif

Nadiem juga memberikan apresiasi kepada 35 Kampus di bawah LLDIKTI Wilayah IV,  yang pada akhir tahun lalu menginisiasi kerja sama dengan berbagai macam mitra industri untuk mendorong lahirnya wirausahawan di bidang pengelolaan sampah, juga banyak mendorong wirausahawan di sektor lainnya. Ini adalah bukti nyata kemandirian dan komitmen perguruan tinggi dalam melahirkan lulusan yang siap berkontribusi bagi masyarakat luas.

Acara ini dilanjutkan dengan paparan dan arahan Sekjen Kemendikbudristek Ibu. Ir. Suharti,MA, Ph.D yang memaparkan terkait Program KIP kuliah dan Tunjangan Profesi Dosen yang sesuai aturan dan bebas pungutan, yang kemudian dilanjutkan dengan paparan dan arahan oleh Plt. Dirjen Diktiristek Prof. Ir. Nizam, M.sc., DIC., Ph.D yang memaparkan terkait Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Akademik, lalu dilanjutkan Paparan oleh Dr. Ir. Kiki Yuliati, M.Sc selaku Dirjen Pendidikan Tinggi Vokasi yang menyampaikan tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Vokasi.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Pemaparan Materi terkait Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi yang disampaikan langsung oleh  Prof. Ari Purbayanto Ph.D Selaku Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT. Sesi selanjutnya yaitu materi dan diskusi secara panel mengenai Best Practice MBKM Mandiri yang di pandu oleh moderator Prof. Dr. H. Endin Mujahidin, M.Si (Rektor Universitas Ibn Khaldun) dengan para pembicara yang merupakan mitra LLDIKTI Wilayah IV dalam melaksanakan MBKM diantaranya yaitu Pemerintah Kabupaten Sumedang, Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, PT. Metro Data, Huawei serta Perwakilan Perguruan Tinggi pelaksana MBKM.

Sesi selanjutnya yaitu materi dan diskusi secara panel yang membahas terkait Competitive Fund dan Pendanaan Riset yang menghadirkan Pembicara dari Deputi Pembiayaan Riset BRIN dan Direktorat Akademik Vokasi yang pada sesi diskusi kali ini dipandu oleh moderator  Prof.Dr. H. Dedi Mulyadi, SE., MM (Rektor Universitas Buana Perjuangan Karawang).

Pada Kegiatan ini juga dilakukan Penandatangan Komitmen Kinerja Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2024 secara serentak oleh seluruh Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV. Selain itu, pada acara ini juga telah dilaksanakan penandatangan Nota Kesepakatan antara LLDIKTI Wilayah IV dengan Mitra Dunia Usaha dan Industri antara lain LSP MSDM Unggul Indonesia, PT. Quantum Indonesia, PT. Markplus Institut serta Mitra Pemerintah diantaranya Kepolisan Daerah Jawa Barat, Pemerintah Kota Sukabumi dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan ditutup secara meriah dengan Malam Pemberian Anugerah LLDIKTI Wilayah IV Tahun 2024, Pemberian Anugerah Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi kepada Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV yang telah mencapai dan memenuhi Standar Kriteria melebihi yang telah di tetapkan serta sebagai wujud ucapan terimakasih dan penghargaan kepada para mitra kerjasama LLDIKTI Wilayah IV. Berikut adalah daftar peraih penghargaan pada malam anugerah LLDIKTI Wilayah IV Tahun 2024:

NO.KATEGORIPERAIH PENGHARGAAN
1.Mitra Kerjasama DUDI TerbaikBank BTN
2.Mitra Kerjasama Non Pemerintah terbaikKadin
3.Mitra Kerjasama Pemerintah terbaikPemkab Sumedang
   
4.Kabupaten/Kota yang Paling Tinggi Berkontribusi pada Pendidikan Tinggi Berdasarkan Laporan ke LLDIKTI Tahun 2023 1.   Kabupaten Bandung
2.   Kabupaten Indramayu
3.   Kabupaten Pandeglang
5.Pengelola JAD Terbaik Universitas1. Universitas Pamulang
2. Universitas Telkom
3. Universitas Islam Bandung
6.Pengelola JAD Terbaik Institut1. Institut Teknologi Nasional Bandung
2. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
3. Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
7.Pengelola JAD Terbaik Sekolah Tinggi 1. STKIP Pasundan
2. STIKes Widya Dharma Husada Tangerang
8.Pengelola JAD Terbaik Politeknik/Akademi 1. Politeknik LP3I2. Politeknik TEDC
9.Perguruan Tinggi yang menghasilkan Guru Besar Terbanyak Tahun 2023 1. Universitas Pasundan
2. Universitas Telkom
3. Universitas Islam Bandung
   
10.Perguruan Tinggi dengan Tata Kelola Kelembagaan TerbaikJumlah Mahasiswa di atas 10.000 1. Universitas Pamulang (Yayasan Sasmita Jaya)
2. Universitas Telkom (Yayasan Pendidikan Telkom)
3. Universitas Pasundan (Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan) 
11.Perguruan Tinggi dengan Tata Kelola Kelembagaan Terbaik Jumlah Mahasiswa di bawah 10.000 1. Universitas Katolik Parahyangan (Yayasan Universitas Katolik Parahyangan)
2. Institut Teknologi Nasional Bandung (Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi)
3. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi (Yayasan Kartika Jaya)
12.Badan Penyelenggara Pendorong Penggabungan/Penyatuan Institusi 1. Yayasan Pendidikan Telkom
2. Yayasan Bina Nusantara
13.Perguruan Tinggi Terakreditasi Unggul/A1. Universitas Telkom
2. Universitas Komputer Indonesia
3. Universitas Pasundan
4. Universitas Islam Bandung
5. Institut Teknologi Nasional Bandung
6. Universitas Widyatama
7. Universitas Katolik Parahyangan
8. Universitas Presiden
14.Perguruan Tinggi Swasta dengan Persentase Prodi Unggul/A dan Internasional Terbanyak1. Institut Teknologi Nasional Bandung
2. Sekolah Tinggi Kesehatan Budhi Luhur Cimahi
3. Universitas Nusa Putra
   
15.Perguruan Tinggi dengan Implementasi Program Flagship MBKM Terbaik Kategori Kampus Mengajar 1. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
2. Universitas Katolik Parahyangan
3. Universitas Telkom
16.Perguruan Tinggi dengan Kinerja Penelitian Terbaik Kategori Universitas1. Universitas Telkom
2. Universitas Pamulang
3. Universitas Pakuan
17.Perguruan Tinggi dengan Kinerja Penelitian Terbaik Kategori Institut1. Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
2. Institut Pendidikan Indonesia Garut
18.Perguruan Tinggi dengan Kinerja Penelitian Terbaik Kategori Sekolah Tinggi1. STIKES Widya Dharma Husada Tangerang
2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas
3. Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan PPNI
19.Perguruan Tinggi dengan Kinerja Penelitian Terbaik Kategori Politeknik & Akademi1. Politeknik Piksi Ganesha
2. Politeknik LP3I
3. Akademi Farmasi Bumi Siliwangi
20.Perguruan Tinggi Pelaksana MBKM Mandiri1. Universitas Telkom
2. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
3.Universitas Islam Bandung
   
21.Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan PDDIKTI Terbaik (Universitas & Institut)  1. Institut Teknologi Nasional Bandung
2. Institut Teknologi Garut
3. Universitas Ibn Khaldun Bogor
4. Universitas Pamulang
5. Universitas Telkom
22.Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan PDDIKTI Terbaik (Sekolah Tinggi)1. STMIK IKMI Cirebon
2. Sekolah Tinggi Hukum Bandung
3. STIKes Sukabumi
23.Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan PDDIKTI Terbaik (Politeknik & Akademi)1. Akademi Maritim Cirebon
2. Politeknik Piksi Input Serang
24.PTS Pengelola KIP Terbaik1. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
2. Universitas Ibn Khaldun Bogor
3. Universitas Bina Insani
4. STKIP Pasundan
5. Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon
6. Universitas Muhammadiyah Cirebon
   
25.Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan Pusat Karir dan Tracer Study Terbaik1. Universitas Ibn Khaldun Bogor
2. Universitas Islam Bandung
3. Universitas Pakuan
26.Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan SPMI Terbaik Kategori Universitas1. Universitas Pasundan
2. Universitas Telkom
3. Universitas Pakuan
27.Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan SPMI Terbaik Kategori Institut1. Institut Teknologi Nasional Bandung
2. Institut Teknologi Garut
3. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
28.Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan SPMI Terbaik Kategori Sekolah Tinggi1. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Budhi Luhur Cimahi
2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas
3. Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor
29.Perguruan Tinggi dengan Pengelolaan SPMI Terbaik Kategori Politeknik & Akademi1. Politeknik Piksi Ganesha
2. Politeknik LP3I
3. Akademi Kebidanan Prima Husada Bogor
   
30.Academic Leader Nominasi AL Tingkat LLDIKTI (Lolos Tingkat LLDIKTI) Academik Leader Lolos Tingkat LLDIKTI1. Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H.(Universitas Djuanda Bogor)
2. Dr. Ratri Wahyuningtyas, S.T., M.M.(Universitas Telkom)
3. Prof. Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd.(Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi)
4. Prof. Dr. Suyanto, M.Sc.(Universitas Telkom)
5. Prof. Dr. Ir. Mohamad Ali Fulazakky, CES., DEA.(Universitas Djuanda Bogor)
6. Dr. Rasmitadila, S.T., M.Pd.(Universitas Djuanda Bogor)
7. Riris Andrianti, S.Kep., M.Kep., Ph.D.(STIKES Widya Dharma Husada Tangerang)
31.Dosen dengan Tugas Tambahan Pemimpin Perguruan Tinggi (Rektor) sebagai Academic Leader Tahun 2023 pada Anugerah Academic Leader Diktiristek Tahun 20231. Prof. Dr. H. Dedi Mulyadi, S.E., M.M.(Universitas Buana Perjuangan Karawang)”
2. Prof. Dr. H. Endin Mujahidin, M.Si.(Universitas Ibn Khaldun Bogor)”
   
32.Perrguruan Tinggi Swasta yang Mendapatkan Anugerah Diktiristek Tahun 20231. Universitas Telkom
2. Universitas Pembangunan Jaya
3. Universitas Widyatama
4. Universitas Pamulang
5. Universitas Pakuan
6. Universitas Advent Indonesia
7. Universitas Komputer Indonesia
8. Universitas Buana Perjuangan Karawang
9. Universitas Islam Bandung
10. Universitas Kristen Maranatha 
33.Perguruan Tinggi Negeri Terinspiratif dan Paling Kolaboratif dengan LLDIKTI Wilayah IV1. Institut Pertanian Bogor
2. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
3. Universitas Padjadjaran
4. Universitas Pendidikan Indonesia
5. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
6. Universitas Siliwangi
7. Universitas Singaperbangsa Karawang
8. Politeknik Negeri Indramayu
   
34.Perguruan Tinggi Pendatang Baru Terbaik (Rookie of The Year)Politeknik Siber Cerdika InternasionalPoliteknik Takumi

Share:

More Posts