LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Festival Pendidikan Jawa Barat 2024: Sinergi Bulan Merdeka Belajar

Pembukaan Festival Pendidikan Jawa Barat telah dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 29 Mei 2024 di Sabuga ITB. Acara yang digelar dalam rangka menyemarakkan Bulan Merdeka Belajar dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 ini merupakan hasil kolaborasi dari 11 UPT dan Satuan Kerja (Satker) Wilayah Jawa Barat termasuk Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV.

Acara pembukaan Festival Pendidikan Jawa Barat dihadiri oleh Drs. Mochamad Ade Afriandi, M.T. sebagai Plh. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang mewakili PJ Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin beserta para kepala UPT dan Satker Wilayah Jawa Barat.

“Acara ini menampilkan berbagai inovasi dan prestasi dari seluruh elemen pendidikan di Jawa Barat dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Semuanya berkontribusi dalam mewujudkan ekosistem pendidikan yang dinamis dan inklusif. Ini adalah bukti nyata bahwa pendidikan di Indonesia khususnya Jawa Barat berevolusi menuju arah yang lebih baik.” Jelas Drs. Mochamad Ade Afriandi, M.T. dalam sambutannya.

Selain Gubernur, acara ini juga diapresiasi oleh PLH Sekretaris Daerah Kota Bandung Dr. H. Hikmat Ginanjar, M. Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa terimakasih kepada UPT dan Satker yang telah berkolaborasi untuk mewujudkan acara ini. 

“Saya mewakili Pemerintah Kota Bandung mengucapkan terima kasih kepada para panitia yang telah mewujudkan kolaborasi ini, dan seluruh dinas pendidikan Jawa Barat yang telah berusaha untuk mewujudkan indeks pelayanan yang baik”. UjarPLH Sekretaris Daerah Kota Bandung Dr. H. Hikmat Ginanjar, M. Si. dalam sambutannya.

Acara pembukaan berlangsung meriah dilengkapi dengan berbagai pertunjukan tradisional untuk melestarikan budaya dan mengapresiasi para seniman tradisi. Salah satu penampilan yang menarik perhatian yaitu Band Angklung yang mengajak pengunjung untuk bersama-sama bermain angklung. 

Selain itu, salah satu UKM berprestasi dari Telkom University yakni Telkom University Choir juga turut memeriahkan acara pembukaan. Tim paduan suara yang telah mendapatkan berbagai penghargaan mancanegara ini membawakan lagu tradisional Jawa Barat yaitu Lagu Manuk Dadali.

Selama tiga hari berjalan, Festival Pendidikan Jawa Barat telah dikunjungi sebanyak 11.422 orang dengan sirkulasi di seluruh stan mencapai 88 ribu pengunjung. Data tercatat secara akurat melalui sistem registrasi menggunakan barcode.

“Harapannya dengan adanya ajang ini menjadi ajang kolaborasi semua insan pendidikan. Semoga sinergi kami dapat memajukan pendidikan di Indonesia” – Ujar Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd. Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi (BBPMP) Jawa Barat selaku koordinator kegiatan saat diwawancara sebelum acara penutupan Festival Pendidikan Jawa Barat pada tanggal 31 Mei 2024.

Sinergi dan kerjasama menjadi tujuan utama dari diselenggarakannya acara ini. Dengan kerjasama dari semua pihak termasuk masyarakat, pemerintah, serta lembaga pendidikan menjadi kunci meningkatnya kualitas pendidikan di Indonesia.

Share:

More Posts

Informasi LLDIKTI Wilayah IV

Undangan Program EduVate 2024

Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV Dalam