LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

PILMAPRES Wilayah IV: Ajang Unjuk Gigi Mahasiswa Berprestasi

Berkaitan dengan diselenggarakannya Pilmapres 2024, Lembaga Layanan Pendidikan TInggi (LLDIKTI) WIlayah IV telah melakulan seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi pada hari Senin tanggal 6 Mei 2024  untuk mewakili wilayah Jawa Barat dan Banten dalam ajang Pilmapres. Dilansir dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Puspresnas yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi (Kemendikbudristek) dan Pendidikan Tinggi. Kompetisi yang diselenggarakan setiap tahun ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Pada tahun ini, LLDIKTI Wilayah IV mendapatkan kuota perwakilan terbanyak untuk bertanding di ajang Pilmapres tingkat nasional. Hal itu disebabkan tingginya antusiasme mahasiswa dan perguruan tinggi terhadap kompetisi Pilmapres. Tercatat pada kategori Sarjana terdapat total terdapat 76 peserta yang terdaftar di Puspresnas sehingga menghasilkan kuota sebanyak 6 orang. Sedangkan pada kategori vokasi sendiri pendaftar yang berasal dari kampus yang berada di wilayah LLDIKTI IV berjumlah 30 orang dan menghasilkan kuota 5 orang untuk menjadi perwakilan di tingkat nasional. 

Acara Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat LLDIKTI Wilayah IV pada hari ini merupakan rangkaian kegiatan mulai dari Sosialisasi, Pendaftaran Peserta, Pengiriman data Jumlah perguruan tinggi peserta di LLDIKTI ke BPTI dan seleksi wilayah di LLDIKTI IV. 

Kegiatan pada hari ini terselenggara  atas Kerjasama antara LLDIKTI Wilayah IV, Universitas Widyatama sebagai tuan rumah serta para Juri yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV. Dengan banyaknya kolaborasi diharapkan penilaian menjadi lebih objektif sehingga menghasilkan mahasiswa yang berprestasi tidak hanya secara akademik maupun secara karakter.

“Sejatinya mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa yang dapat menjadi orang yang bisa menjadi pemimpin dan unggul secara akademik maupun secara karakter dapat diteladani orang lain” Jelas M. Samsuri, Kepala LLDIKTI Wilayah IV. 

Proses seleksi diawali dengan seleksi dokumen meliputi empat kategori yakni Capaian Unggulan (CU), Gagasan Kreatif (GK), Bahasa Inggris (BI) dan Produk Inovatif (PI). Berdasarkan seleksi dari dokumen yang dikumpulkan, terdapat 15 mahasiswa yang lolos ke tahap wawancara dan presentasi. Pada seleksi hari ini akan dipilih 11 peserta yang akan mewakili LLDIKTI Wilayah IV dalam ajang Pilmapres nasional tahun 2024 yakni 6 peserta tingkat sarjana dan 5 peserta tingkat vokasi.

Adapun mahasiswa yang lolos mewakili LLDIKTI IV ke Pilmapres tingkat nasional adalah:

Tingkat Sarjana 

Juara 1: Eli Sulistyowati (Institut Teknologi Bandung)

Juara 2: Davin Arkan Admoko Putra (Universitas Pendidikan Indonesia)

Juara 3 : Brayen Ariel (Institut Pertanian Bogor)

Juara Harapan 1: Fahmi Nur Alim (Universitas Padjajaran)

Juara Harapan 2: Jenifer (Universitas Katolik Parahyangan)

Juara Harapan 3: Intan Ayu Sabrina (Universitas Widyatama)

Tingkat Vokasi

Juara 1: Siti Patimah Zahro Maulani  (Institut Pertanian Bogor)

Juara 2: Prisilia Dita Sepirasari (Universitas Padjajaran)

Juara 3 : Muhammad Reza Raihan Nur Rachman (Universitas Telkom)

Juara Harapan 1: Rian Destrieyanto (Politeknik Manufaktur Bandung)

Juara Harapan 2: Imaniarty (Universitas Widyatama)

Share:

More Posts

Informasi LLDIKTI Wilayah IV

Undangan Program EduVate 2024

Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV Dalam