LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH IV

LLDIKTI Wilayah IV Rayakan Kelulusan Peserta MSIB Batch 6 “Lahirkan Talenta Unggul”

Bandung , LLDIKTI Wilayah IV –  Jumat ,28 Juni 2024

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV dengan bangga mengumumkan kelulusan peserta Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 6. Acara kelulusan yang diselenggarakan di Aula LLDIKTI Wilayah IV ini menjadi momen penting dalam menandai keberhasilan para mahasiswa dalam menyelesaikan program yang telah membekali mereka dengan berbagai keterampilan dan pengalaman praktis. 

Program MSIB merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi mereka di dunia industri dan sektor profesional lainnya.

Kegiatan di awali dengan laporan kegiatan pelaksanaan MSIB LLDIKTI Wilayah IV oleh Bapak Agus Gumilar, S.T., M.Kom. Ketua Tim Kerjaa Akademik, Riset dan Kemahasiswaan, yang menyampaikan bahwa kegiatan MSIB telah melalui serangkaian proses hingga graduation pada hari ini, segala yang berkaitan dengan sertifikat, maupun proses penilaian akhir sudah dilakukan. Dalam laporanya disampaikan pula bahwa pilot projects yang dikerjakan oleh mahasiswa MSIB sudah dapat digunakan di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV 

“Perlu kami sampaikan beberapa mahasiswa juga sudah membuat beberapa pilot project yang Alhamdulillah sudah bisa digunakan beberapa di LLDIKTI Wilayah IV projects ini juga nanti kedepannya juga akan terus berkembang seiring masuknya MSIB Batch selanjutnya” 

Kegiatan dilanjutkan dengan arahan oleh PIC MSIB LLDIKTI Wilayah IV Dr. Agus Supriatna, S.Sos., M.Si beliau memaparkan bahwa ini bukan yg pertama kalinya LLDIKTI Wilayah IV menjadi Mitra MSIB. “Di LLDIKTI Wilayah IV ini adalah untuk yang ke-empat tapi kalau secara nasional adalah untuk angkatan yang ke-enam harapannya mudah mudahan nanti akan terus dilaksanakan di tahun tahun mendatang walaupun nanti mungkin akan ada pergantian menteri di tingkat pusatnya, harapannya seperti itu karena ini sangat bermanfaat sekali bagi para mahasiswa mereka akan mendapatkan pengalaman yang faktual dan kontekstual” 

Beliau berharap bahwa pengalaman ini akan menjadi bekal setelah mahasiswa lulus. “Ini akan menjadi bekal bagi kalian kompetensi softskils karena kompetensi hardskills tidak cukup sebagai bekal kalian nanti, Setelah lulus bekerja tapi kompetensi softskils ini tidak kalah pentingnya bagi kalian bagaimana kalian bisa responsif terhadap tugas tugas yang dikerjakan”

Kegiatan dilanjutkan dengan reviu dan harapan Dosen Pendamping Program MSIB Ibu Dr. Titin, S.E., M.M. Beliau berharap kolaborasi yang di lakukan bisa terus di lakukan di tingkat lainya “Adik-adik bisa mengembangkan inovatif collaboration secara continue. Baik di LlLDIKTI  ini ataupun bersama tim tim kerja yang lain pada kegiatan apapun nantinya. dan bisa mentransformasi aksi dengan nilai performa yang baik”

Kegiatan berlanjut dengan arahan dari Tim AE MSIB Batch 6 yaitu Bapak Trio.,M.M beliau menyampaikan harapan bahwa setelah mengikuti program ini (MSIB) para mahasiswa menjadi pribadi yang tangguh dan berkomitmen tinggi serta siap menghadapi dunia kerja. Beliau juga mengucakan terima kasih kepada peserta MSIB karena sudah menjadi bagian dari sejarah transformasi pendidikan di indonesia 

Selanjutnya Pemaparan Pilot Projects oleh Tribe yaitu Najla Haura Muttawa dari Universitas Pasundan dan Renaldi Putra Pratama Baruo dari Universitas Galuh, mereka memaparkan Pilot Projects 12 Pokja yang dikerjakan selama kurang lebih 5 bulan, setelah itu ditayangkan juga video kegiatan selama program MSIB berlangsung. 

Kegiatan Graduation ini juga dihadiri oleh Perwakilan Perguruan Tinggi Peserta kegiatan untuk memberikan testimoni diantaranya : 

  1. Prof.Dr. Kartono M.Pd.,M.T (Universitas Pasundan)
  2. Bayu Amengku Praja S.Mn.,M.Si. (Universitas Brawijaya) 

Para perwakilan perguruan tinggi mengucapkan terima kasih atas Pelaksanaan Kegiatan MSIB yang telah berjalan lancar dari awal hingga akhir.

Kegiatan diakhiri dengan testimoni oleh salah satu mentor LLDIKTI Wilayah IV yaitu bapak Syahrir Lubis, S.T., M.Kom. sebagai mentor di Pokja PKBMN yang mengucapkan terima kasih dan merasa sangat kehilangan atas lulusnya para peserta MSIB Batch 6 “Saya pribadi merasa sangat kehilangan sekali, percepatan dari pekerjaan lima puluh delapan puluh persen sangat terbantu dengan kehadiran teman-teman ini” ujarnya

Kegiatan Graduation MSIB BATCH 6 diakhiri oleh penayangan testimoni mahasiswa lalu diakhiri dengan foto bersama dengan seluruh peserta kegiatan. 

Share:

More Posts