LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

“Tingkatkan Mutu Perguruan Tinggi”,  LLDIKTI Wilayah IV Gelar Bimbingan Teknis Pengisian Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Tahun 2024

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu perguruan tinggi melalui optimalisasi pengisian capaian Indikator Kinerja Utama (IKU). Dalam rangka mendukung upaya tersebut, LLDIKTI Wilayah IV mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengisian Capaian IKU bagi Perguruan Tinggi yang  tingkat pelaporannya masih rendah.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para operator perguruan tinggi dalam mengisi capaian IKU dengan tepat dan akurat. Setiap perguruan tinggi di bawah naungan LLDIKTI Wilayah IV diminta untuk menugaskan operator dashboard IKU dan operator kerjasama/tracer study perguruan tinggi untuk mengikuti bimbingan teknis ini.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, pada hari Selasa hingga Rabu, 11-12 Juni 2024, yang dimulai pukul 08.30 WIB, di Ibis Bandung Trans Studio Hotel ini bertujuan untuk membantu perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV mencapai IKU yang telah ditetapkan. Dengan pengisian IKU yang optimal, diharapkan mutu perguruan tinggi dapat meningkat dan lebih terukur.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta menerima bimbingan teknis dari narasumber yang kompeten. Para narasumber memberikan pemahaman materi terkait dengan teknis pengisian Dashboard IKU, Tracer Study, dan Laporan Kerjasama. Metode yang digunakan meliputi presentasi, diskusi, dan praktik langsung untuk memastikan para peserta dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam pengisian capaian IKU di institusinya masing-masing.

Penanggung Jawab Tim Kerja Tata Usaha, Humas, dan Kerja Sama, Hevy Pratiwi S.I.Kom., M.M. menyampaikan “sebagaimana fungsi dan tugas LLDIKTI dalam Permendikbudristek No. 35 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Layanan Lembaga Pendidikan Tinggi, bertugas melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi. Penyelenggaraan mutu pendidikan tinggi ini dapat dilihat dari beberapa indikator, salah satunya akreditasi perguruan tinggi yang terlihat dari capaian kinerja masing-masing perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV khususnya. Indikator kinerja utama ini awalnya hanya berlaku bagi perguruan tinggi negeri, namun mulai tahun 2024 berlaku untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia, termasuk perguruan tinggi swasta. Pencatatan capaian kinerja ini disampaikan melalui platform https://iku-pt.kemdikbud.go.id/ yang disediakan oleh Kemendikbudristek. Dashboard IKU ini tersinkronisasi dengan beberapa aplikasi lainnya yang juga digunakan oleh perguruan tinggi untuk pelaporan.”

Selain itu, Hevy Pratiwi juga menambahkan “untuk itu, LLDIKTI Wilayah IV menyelenggarakan acara BIMTEK pengisian capaian IKU. Platform ini masih baru, sehingga diharapkan dengan adanya BIMTEK ini peserta dapat lebih memahami proses pelaporan melalui dashboard IKU. Peserta yang diundang berjumlah 150 orang dari 75 perguruan tinggi, dengan setiap perguruan tinggi mengirimkan dua orang perwakilan yaitu satu operator dashboard IKU (biasanya juga operator PDDIKTI), dan satu operator laporan kerma atau tracer study. Kami memilih operator laporan kerma atau tracer study karena sinkronisasi dengan dashboard IKU. Perguruan tinggi yang diundang dipilih berdasarkan pencatatan IKU yang masih perlu ditingkatkan, sehingga kami dapat membantu mengatasi kesulitan yang ada dan memudahkan peserta dalam melakukan pencatatan melalui dashboard IKU atau aplikasi lain yang tersinkronisasi.”

Dalam sambutannya, Plh Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. Agus Supriatna, S.Sos., M.Si. menyampaikan, “Kegiatan Bimbingan Teknis Pengisian Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Tahun 2024 adalah menjadi hal yang sangat penting setelah dikeluarkannya KEPMENDIKBUD No. 210 Tahun 2023 terkait dengan indikator kinerja utama perguruan tinggi dari LLDIKTI. Ini adalah hal yang baik bagaimana perguruan tinggi nantinya bisa membangun sinergi dan meningkatkan kualitas pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Harapannya, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, para pimpinan perguruan tinggi dapat memahami aspek apa saja yang harus diisi atau diinput dalam indikator kinerja utama. Dengan demikian, kualitas pelayanan dan penyelenggaraan tri dharma di perguruan tinggi dapat meningkat, yang diwujudkan dan diimplementasikan dalam indikator kinerja utama. Peningkatan ini akan berdampak pada meningkatnya indikator kinerja utama LLDIKTI. Setiap LLDIKTI, termasuk LLDIKTI Wilayah IV, telah melakukan perjanjian kerjasama dengan kementerian, jadi harapannya dengan dilaksanakannya kegiatan ini akan semakin meningkat pemahaman bagaimana pengisian indikator kinerja utama.” 

LLDIKTI Wilayah IV berharap melalui bimbingan teknis ini, para operator perguruan tinggi dapat mengisi capaian IKU dengan lebih baik, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan mutu perguruan tingginya masing – masing.

Share:

More Posts

Informasi LLDIKTI Wilayah IV

Undangan Program EduVate 2024

Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV Dalam