LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH IV

21 Mahasiswa PTMGRMD Nusantara Berlayar ke Lampung Tengah

Program Perguruan Tinggi Mandiri Gotong Royong Membangun Desa (PTMGRMD) Nusantara kembali memberangkatkan mahasiswa dari perguruan tinggi lingkungan LLDIKTI Wilayah IV. 

Kali ini 21 orang mahasiswa dari berbagai kampus di Jawa Barat yakni IKIP Siliwangi, Unikom, Universitas Wanita Internasional, Unpam, Unpas, Unjani, USB YPKP, Tel-U, dan STKIP Pasundan. Mereka berlayar menuju Desa Gayau Sakti, Kecamatan Seputih Agung, Lampung Tengah, Kamis 5 September 2024. 

Kedatangan para mahasiswa dan tim PTMGRMD Nusantara disambut hangat oleh masyarakat setempat di Pondok Pesantren Manba’ul Ulum.

Pada acara pelepasan peserta PTMGRMD Nusantara, Kepala LLDIKTI Wilayah IV, M. Samsuri menyampaikan, kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi agenda yang bisa dikonversi ke dalam 20 SKS perkuliahan.

“Sebagaimana Permendikbudristek Nomor 53 tahun 2023, dalam kebijakan Kampus Merdeka Mandiri, maksimum 3 semester mahasiswa berkuliah tidak di ruang kelas, melainkan langsung di lapangan,” ujar Samsuri.

Para mahasiswa dibebaskan untuk memilih lokasi mana yang ingin mereka jadikan tempat kuliah kerja nyata (KKN), ada yang di perusahaan, desa, atau NGO. 

“Dulu KKN hanya 1,5 bulan, tapi sekarang 4 bulan dan tidak pulang. Semuanya boleh diakui 1 semester penuh atau konversinya 20 SKS,” lanjutnya.

Pada PTMGRMD Nusantara kali ini terdiri dari beberapa perguruan tinggi supaya para peserta bisa saling bertukar pikiran. Ia berharap agar para mahasiswa bisa berbaur dan berkontribusi untuk masyarakat. 

“Mahasiswa ini memang jauh dari sempurna, tapi mereka akan banyak belajar. Para mahasiswa bersama dengan semua unsur masyarakat bisa saling menerima dengan tangan terbuka,” ucapnya.

“Tolong ajari anak-anak kami banyak hal. Kalau ada hal-hal yang kurang sesuai, tolong dibina. Mahasiswa akan ATM: amati, tiru dan modifikasi. Semoga bisa memberikan kontribusi di masyarakat,” imbuhnya.

PTMGRMD merupakan KKN Tematik atau MBKM Mandiri untuk mewujudkan Kampus Merdeka Mandiri (KMM) yang diinisiasi LLDIKTI Wilayah IV.

Acara tersebut dihadiri sejumlah tokoh, seperti Staf Ahli Gubernur Bidang Permasyarakatan Drs. Intizam, Camat Seputih Agung Panji Saputra, unsur Forkopimda Lampung Tengah, Pembina Yayasan Manbaul Ulum, K.H. Nur Muhammad. Lalu, Ketua PTMGRMD Nusantara, Prof. Dr Euis Eti Rohaeti, M.Pd. Wakil Ketua PTMGRMD Nusantara, Prof. Dr. Heris Hendriana, M.Pd.Koordinator PTMGRMD Nusantara Lampung, Prof. Dr. Umi Narimawati, M.Si. Serta Ketua STKIP Pasundan, Prof. Dr. Dedi Supriadi.

Share:

More Posts