Dalam meningkatkan kualitas tata kelola dan pelayanan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), khususnya di bidang riset dan pengabdian kepada masyarakat, LLDIKTI Wilayah IV menerima kunjungan dari Tim Kerja Riset dan Pengabdian Masyarakat LLDIKTI Wilayah III. Kegiatan studi tiru ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 6 hingga 8 November 2024, bertempat di Gedung Diklat LLDIKTI Wilayah IV, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.
Agus Gumilar, S.T., M.Kom, selaku Kepala Tim Kerja Akademik, Riset dan Kemahasiswaan LLDIKTI Wilayah IV menyampaikan apresiasi atas kunjungan ini. “Melalui kegiatan studi tiru ini menunjukkan komitmen kuat untuk terus meningkatkan kinerja dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Kami berharap kegiatan ini dapat membawa manfaat nyata, terutama dalam menghadapi tantangan di bidang riset dan pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.
Kegiatan ini menjadi wadah bagi kedua lembaga untuk berbagi praktik baik di bidang riset dan pengabdian masyarakat. Melalui agenda ini, kedua pihak bertukar informasi mengenai pengelolaan program riset, strategi peningkatan publikasi ilmiah, serta optimalisasi layanan kepada perguruan tinggi dalam mendukung kegiatan pengabdian masyarakat.
“LLDIKTI Wilayah IV berkomitmen untuk berbagi praktik-praktik yang telah kami kembangkan, baik dalam pengelolaan riset maupun dalam upaya pengabdian masyarakat. Kami percaya, pendekatan berbagi pengalaman ini bukan hanya memperkuat kedua wilayah, tetapi juga menjadi kontribusi penting bagi ekosistem pendidikan tinggi secara nasional,” ujar Agus.
Andika Hegar, sebagai perwakilan dari LLDIKTI Wilayah III juga mengungkapkan tujuan dari kegiatan studi tiru ini “LLDIKTI Wilayah IV memiliki banyak praktik yang dapat kami pelajari, terutama dalam hal tata kelola riset dan pengabdian masyarakat yang efektif. Kami berharap studi tiru ini dapat memperkaya upaya kami dalam memberikan layanan terbaik bagi perguruan tinggi di wilayah III,” ungkapnya.
Studi tiru ini juga merupakan langkah strategis untuk memperkuat jaringan kerjasama antarwilayah, yang diharapkan mampu mendorong lahirnya inovasi dalam tata kelola dan pelayanan LLDIKTI. Kedua lembaga sepakat bahwa pendekatan lintas wilayah ini merupakan langkah penting untuk mencapai tujuan pembangunan pendidikan tinggi yang berkualitas dan berkelanjutan.