LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH IV

Siap Bertransformasi, LLDIKTI 4 Beri Izin Pendirian Prodi Baru dan Penggabungan Kampus

Gambar Whatsapp 2024 10 02 Pukul 15.07.03 Cc2cb67e

LLDIKTI Wilayah IV melaksanakan penyerahan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kepada sejumlah perguruan tinggi di wilayah Jawa Barat dan Banten pada 1 Oktober 2024 yang dipimpin langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV,  M. Samsuri, di Aula LLDIKTI Wilayah IV.

Penyerahan SK tersebut terkait izin penggabungan dan penyatuan sejumlah perguruan tinggi dan pembukaan beberapa program studi.  Dalam kesempatan tersebut Samsuri menyampaikan tahapan setelah penggabungan dan penyatuan perguruan tinggi  dan pembentukan prodi baru.

“Segera lakukan proses pendataan nomenklatur perguruan tinggi dan juga prodi. Selanjutnya lakukan proses migrasi data dosen dan mahasiswa. Lalu untuk proses akhir segera ajukan proses akreditasi,” ucap Samsuri.

Lebih lanjut lagi, ia memaparkan jika terdapat prodi baru, tetapi perguruan tinggi tidak berubah, prodi dimintakan kodefikasi di PDDIKTI dan bersurat kepada Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) terkait.

“Jika ada prodi baru, tetapi perguruan tingginya tetap, maka prodi dimintakan kodefikasi di PDDIKTI.  Lalu isi PDDIKTI dengan data dosen. Setelah itu, silakan bersurat dengan LAM terkait untuk minta  status akreditasi supaya muncul status akreditasinya di PDDIKTI,” kata Samsuri.

Sebagai informasi tambahan, berikut 8 SK Kemendikbudristek yang telah diserahkan, antara lain:

1.      Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Teknologi Sinar Husni di Kabupaten Bekasi dan Institut Manajemen Wiyata Indonesia di Kota Sukabumi menjadi Universitas Sains Indonesia di Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat yang Diselenggarakan oleh Yayasan Enam Peduli

2.      Izin Penyatuan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jabar di Kota Bandung ke Universitas Al-Ghifari di Kota Bandung yang Diselenggarakan oleh Yayasan Al Ghifari.

3.      Izin Penggabungan Akademi Kebidanan Bina Husada di Kota Serang dan Akademi Kebidanan Delima-Deli Serdang di Kabupaten Nias menjadi Institut Kesehatan Bina Husada Serang di Kota Serang Provinsi Banten yang Diselenggarakan oleh Yayasan Bina Husada Serang.

4.      Perubahan Nama Badan Penyelenggara Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Permata Nusantara di Kabupaten Cianjur dari Yayasan Permata Nusantara Sumatera Selatan Bangka Belitung menjadi Yayasan Permata Nusantara Cendekia.

5.      Izin Pembukaan Program Studi Manajemen Program Magister pada Universitas Nusa Putra di Kabupaten Sukabumi yang Diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi serta Izin Pembukaan Program Studi Pedagogi Program Magister pada Universitas Nusa Putra di Kabupaten Sukabumi yang Diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan SK secara resmi kepada para perwakilan perguruan tinggi yang hadir, disertai harapan agar perubahan kelembagaan ini dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan tinggi di wilayah tersebut.

Share:

More Posts

Supergrafis Lldikti.png
Informasi LLDIKTI Wilayah IV

Surat Pemberitahuan Terkait UIPM

Sehubungan dengan adanya laporan masyarakat mengenai keberadaan Universal Institute of