LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Inovasi Bisnis Digital Universitas Raharja Bersama Kemendikbud Ristek dan Kemenkeu Melahirkan Kanopi Tenaga Surya Ramah Lingkungan

Dalam rangka mensukseskan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Raharja mengembangkan inovasi Renewable Energy (REY) yang turut serta masuk ke dalam salah satu Mata Kuliah Prodi Bisnis Digital, kegiatan yang diselenggarakan adalah Webinar Nasional (REY Summit #4) secara daring pada Selasa (14/12/2021). REY Summit #4 dihadiri oleh 437 peserta yang tidak hanya dari domisili Tangerang Banten, tetapi juga dapat disaksikan melalui Live Streaming Youtube Magics Channel. Kegiatan ini bertujuan membuat inovasi bisnis digital Universitas Raharja bersama Kemendikbud Ristek dan Kemenkeu, untuk melahirkan solusi kanopi yang diintegrasikan dengan sistem listrik tenaga surya Renewable Energy.

Karena Indonesia merupakan Negara khatulistiwa yang seharusnya bisa menjadi panglima dalam pengembangan energi surya, membuat Universitas Raharja  tergerak untuk mulai memanfaatkan energi terbarukan sebagai sumber energi yang lebih menjanjikan, hemat biaya dan sustainable. Menjadi gebrakan yang membanggakan dimana riset yang dikembangkan oleh Universitas Raharja terpilih mendapat pendanaan Kemendikbud Ristek dan Kemenkeu bersumber dari Program Riset Keilmuan (LPDP) untuk kemajuan revolusi energi di Indonesia. Membangun solusi kanopi yang diintegrasikan dengan sistem listrik tenaga surya dan mempunyai penyimpanan Energi berupa Baterai yang disebut sebagai PLTS Off Grid, REY ditargetkan dapat menghasilkan listrik ramah lingkungan dengan Total 328 kVA pada tahun 2024. Kegiatan ini memiliki tujuan mulia untuk tidak menambah emisi gas karbon, karena suplainya berlimpah, dan turut serta mendukung program pemerintah untuk menggenjot pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) sebagai tulang punggung sumber energi Nasional Green Economy Indonesia. Dimana target bauran EBT atau energi baru terbarukan sebesar 23% pada 2025.

Share:

More Posts