LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Turut Implementasikan MBKM, LLDIKTI Wilayah IV menjadi mitra MSIB Kampus Merdeka Batch 3

BANDUNG, LLDIKTI Wilayah IV – Sebagai satuan kerja yang berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) serta sebagai lembaga yang memfasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi, LLDIKTI Wilayah IV turut mengimplementasikan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan menjadi salah satu mitra di program MSIB Kampus Merdeka Batch 3 yang dilaksanakan mulai 18 Agustus 2022.  Sebanyak 1455 Mahasiswa mendaftar sebagai calon peserta MSIB Kampus Merdeka Batch 3 di LLDIKTI IV. Dengan proses seleksi yang telah dilaksanakan, LLDIKTI Wilayah IV menerima sebanyak 48 Mahasiswa yang terpilih sebagai peserta Magang Bersertifikat Kampus Merdeka Batch 3 yang terbagi ke beberapa fungsi layanan yang ada di LLDIKTI IV.

Sebagai salah satu penanda dimulainya MSIB Batch 3, secara simbolis Kemdikbudristek menyelenggarakan onboarding nasional sekaligus perayaan pisah sambut antara peserta MSIB Batch 2 dan Batch 3. Dalam kegiatan tersebut juga dijelaskan sistem yang digunakan serta keunggulan program MSIB ini. Salah satu keunggulannya adalah mahasiswa dapat mengkonversi 20 SKS ke mata kuliah di program studi masing-masing sehingga mereka dapat fokus untuk mengikuti program dan program ini dapat menggantikan proses pembelajaran di kampus. Selain itu juga khusus peserta magang bersertifikat, mahasiswa akan memperoleh uang saku yang diberikan langsung oleh kementerian. Maka dari itu, program MSIB ini seringkali disebut sebagai program flagship dari Kemdikbudristek.

Program Magang Bersertifikat ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan serta mengembangkan keterampilan untuk berkontribusi secara mendalam dan berpikir secara kritis. Harapannya, LLDIKTI Wilayah IV dapat menjadi mitra yang dapat bersinergis untuk membangun sumber daya manusia yang unggul serta dapat menjadi wadah yang baik bagi 48 mahasiswa terpilih untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah mereka dapatkan selama perkuliahan sehingga mampu meningkatkan kesiapan mahasiswa untuk berkarir di masa depan terutama untuk terjun ke dunia kerja dan dunia industri.