LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Bentuk Realisasi Peningkatan Mutu Pada PTS, LLDIKTI Wilayah IV Selenggarakan Sosialisasi Terkait Sistem Pelaporan SPMI

Senin, 31 Oktober 2022 LLDIKTI Wilayah IV menyelenggarakan sosialisasi terkait pelaporan sistem pada SPMI agar seluruh PTS yang ada di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV memiliki pemahaman serta persepsi yang sama terkait hal ini. Acara sosialisasi dihadiri oleh lebih dari 500 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di wilayah Jawa Barat & Banten. Acara diawali dengan sambutan dari Kepala LLDIKTI Wilayah IV Dr. M.Samsuri, S.Pd., M.T. Pada sambutannya Kepala LLDIKTI Wilayah IV turut memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir karena animo yang ditunjukan oleh peserta untuk mengikuti acara sosialisasi ini sangatlah tinggi. Disampaikan juga tujuan dari acara sosialisasi ini adalah tidak lain untuk memenuhi aspek peningkatan mutu pada PTS yang menjadi urgensi bagi LLDIKTI Wilayah IV.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Pelaporan Pada Sistem SPMI Kemendikbud yang disampaikan oleh Analis Akademik, Bapak Agus Gumilar. Materi yang disampaikan juga tidak lain adalah perihal tata cara penggunaan aplikasi yang digunakan untuk melakukan pelaporan terkait sistem yang ada di SPMI. Dalam pemaparan materi ini juga dijelaskan secara detail laporan bagaimana saja yang dapat diterima agar nantinya ketika pihak Perguruan Tinggi membuat laporan namun tidak ada tindak lanjut, mereka dapat menilai sendiri apakah laporan yang mereka buat sudah sesuai dengan kategori dan kriteria laporan yang diterima pada laman SPMI. Selain menyampaikan sosialisasi perihal laporan pada laman SPMI, pemateri juga memberikan contoh penggunaan aplikasi secara langsung yang ditampilkan pada layar Zoom Meeting sehingga para peserta dapat dengan mudah belajar dan tujuan dari acara sosialisasi ini dapat lebih mudah diterima oleh seluruh peserta.

Harapannya, dengan adanya acara sosialsiasi ini output yang dihasilkan adalah para peserta yang merupakan delegasi dari 455 Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV dapat lebih familiar dengan penggunaan laman SPMI termasuk Sistem Pelaporan pada SPMI. Hal semacam sosialisasi seperti acara ini tentu saja akan menjadi prioritas bagi LLDIKTI Wilayah IV karena sebagai wujud atau implementasi dari upaya peningkatan mutu bagi seluruh Perguruan Tinggi. Dengan gencarnya upaya peningkatan mutu oleh LLDIKTI Wilayah IV diharapkan juga dapat meningkatkan kualitas Pendidikan tinggi. Sehingga, seluruh Perguruan Tinggi dapat mencetak lulusan yang unggul di masa yang akan datang.

Share:

More Posts