LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Permohonan Usulan Kuota KIP Kuliah Merdeka Skema 1 Tahun 2023 bagi Perguruan Tinggi Swasta pengusul

Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV

Sehubungan dengan akan dimulainya penyelenggaraan Program Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka Tahun 2023, dengan ini kami sampaikan kepada Perguruan Tinggi yang berminat menyelenggarakan Program KIP Kuliah Merdeka skema 1 tahun 2023 agar dapat memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Program KIP Kuliah Merdeka 2023 adalah bantuan sosial beasiswa bagi calon mahasiswa yang kurang mampu dan telah divalidasi kelayakannya untuk dapat berkuliah di perguruan tinggi secara gratis dan bebas biaya SPP, sampai batas semester lulus tanpa adanya pungutan biaya apapun.
  2. Kuota beasiswa KIP Kuliah Merdeka akan diberikan kepada Perguruan Tinggi yang mempunyai akreditasi (A)/Unggul, (B)/sangat baik dan (C)/baik yang sudah muncul dan terdata akreditasinya pada laman PDDIKTI.
  3. Biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan kepada mahasiswa akan disesuaikan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku pada tahun 2023 oleh PUSLAPDIK Kemendikbudristek.
  4. Sebagai file pendukung mohon dikirimkan sesuai (format terlampir) antara lain :
    • Surat permohonan kuota kesanggupan menjadi penyelenggara KIP kuliah.
    • Sertifikat akreditasi program dan data akreditasi pada laman PDDIKTI.
    • Surat tugas pengelola akun KIP kuliah pada sistem KIP Kuliah.
    • Surat Pernyataan Pakta Integritas Penyelenggaraan KIP 2023.
    • Surat Keputusan rata-rata biaya pendidikan pada program studi penerima Program KIP Kuliah dengan melampirkan hasil perhitungan berdasarkan rumus rata-rata yang mengacu pada PERSESJEN No.10 Tahun 2022.
  5. Surat disampaikan kepada pokja Kemahasiswaan LLDIKTI Wilayah IV paling lambat pada hari Rabu tanggal 31 Mei 2023.
  6. Upload surat permohonan dan lampiran ke aplikasi https://empat.lldikti4.id melalui menu permohonan beasiswa KIP kuliah.
    • Permohonan disampaikan juga melalui link https://bit.ly/UsulanKuotaKIP2023-LL4
    • Softcopy disampaikan juga ke email kip2023lldikti4@gmail.com
    • Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Adis Alannuary (08170072505), Andres CM (0823- 1117-8956).
  7. Untuk calon mahasiswa mohon segera melakukan pendaftaran akun calon mahasiswa KIP Kuliah yang dapat dilihat pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru. Data calon mahasiswa mohon diverifikasi terlebih dahulu DTKS, NIK, NISN, NPSN dan email mahasiswa aktif secara benar dan jika terdapat ketidaksesuaian dalam pendaftarannya segera diperbaiki ke Dukcapil atau Dapodik dan lalukan verval terlebih dahulu.
  8. LLDIKTI Wilayah IV akan menyeleksi dan memberikan kuota kepada Perguruan Tinggi yang memenuhi syarat dan siap untuk menyelenggarakan KIP Kuliah 2023 dengan proporsional sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlaku.
  9. PTS wajib membuat laporan pengelolaan pelaksanaan KIP Tahun 2020,2021,2022 sebagai bentuk laporan pelaksanaan KIP sebelumnya diperguruan tinggi.
  10. Perguruan Tinggi pengusul wajib mengikuti kegiatan sosialisasi, bergabung dalam group whatsapps atau telegram, mengikuti sosmed, website dan Youtube Channel LLDIKTI Wilayah IV agar dapat mengikuti informasi terbaru dan memahami juknis, pedoman dan ketentuan terkait Program KIP Merdeka Kuliah Tahun 2023.
  11. Untuk informasi lebih lanjut akan diadakan sosialisasi untuk informasi skema 1 dan skema 2 menunggu arahan Puslapdik.

Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih

Share:

More Posts