LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

IBM Siap Menyambut Mahasiswa Peserta Magang Studi Independen Bersertifikat Batch 6

International Business Machines Corporation (IBM) adalah sebuah perusahaan yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. IBM memulai perusahaannya dengan membuat program Mainframe pada tahun 1964-1980, dilanjut dengan PC (1981-1990), Services (1992-2008), Software (2011-2018), Hybrid-Cloud, AI & Quantum (2019-2023).  Dalam beragam upaya memenuhi kebutuhan sistem pendidikan pintar, IBM tentu banyak berkontribusi dalam dunia pendidikan seperti membangun berbagai inovasi dari perangkat keras, piranti lunak, layanan yang mudah diinstal dapat dikelola dengan harga terjangkau. Strategi untuk memajukan industri pendidikan adalah memupuk bakat di bidang tekonologi, upayanya bermitra dengan berbagai perguruan tinggi dan universitas di seluruh Indonesia. Contohnya bermitra dengan Institut Teknologi Surabaya, Institut Informatika dan Manajemen Poilteknik Sumatera Utara, Universitas Maranatha, dan lain-lain. Pada 

Pada hari Jumat, 24 November 2023 bertempat di Gedung Aula LLDIKTI Wilayah IV Bandung telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi IBM Academy dan IBM SkillsBuild Untuk Kampus Merdeka Batch 6. Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M. Samsuri S.Pd., M.T., IPU. hadir secara langsung dan memberikan sambutan, beliau menyampaikan bahwa sesuai dengan Permendikbud No. 35 Tahun 2021, tugas dan fungsi LLDIKTI Wilayah IV  adalah fasilitasi untuk kerja sama. Jadi, LLDIKTI Wilayah IV betul-betul melakakukan penerapan fasilitas, khususnya pada kerja sama dengan berbagai stakeholder, baik itu dunia usaha, pemerintah daerah, dan kelompok masyarakat. Salah satu upaya pemerintah untuk memberikan stimulus kolaborasi itu konkrit, bukan hanya menandatangani MoU atau PKS, tetapi konkrit memberikan manfaat, baik itu manfaat untuk dosen, mahasiswa, kampus atau manfaat untuk masyarakat. Stimulus yang diberikan yaitu mengenai berbagai program kampus merdeka. Mulai dari program Kampus Mengajar, Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Kedaireka, dan yang lainnya. Semua itu merupakan stimulus untuk mendongkrak penguatan-penguatan produktivitas, khususnya di Perguruan Tinggi. IBM menyumbangkan IBM KidSmart Early Learning Programme sebanyak 30 unit lebih ke lima sekolah dasar di Surabaya.

Satu hal skema yang sangat menarik dari program kampus merdeka adalah MSIB. IBM saat ini telah terdaftar sebagai mitra MSIB. Salah satu tujuan dari diadakannya kegiatan ini, yaitu IBM ingin mensosialisasikan bahwa IBM ini merupakan mitra strategis yang memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa untuk melaksanakan magang, terutama Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Selain itu, fokus IBM tentu memberikan ruang kepada mahasiswa atau bahkan dosen pendampingnya untuk belajar atau memanfaatkan sistem yang dibangun di IBM dan tidak menuntut kemungkinan untuk memberikan masukan-masukan atau menjadi tenaga ahli yang bisa membantu pengembangan-pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). IBM juga memiliki program SkillsBuild, SkillsBuild adalah program global yang dilaksanakan secara lokal yang didukung oleh intelejen pasar, kemitraan yang kuat, dan digital tim yang sukses yang dibangun untuk perguruan tinggi yang akan membantu mahasiswa untuk membangun bisnis cerdas digital praktisi yang siap menjadi tenaga kerja yang ahli. Kurikulum yang ditawarkan oleh IBM untuk Kampus Merdeka Batch 6, yaitu: 

  1. Red Hat Certified System Administrator (RHCSA) 
  2. IBM SkillsBuid for AI Course 
  3. IBM SkillsBuild for CyberSecurity Course 
  4. IBM SkillsBuid for Data Science Course 
  5. Individual student capstone project 
  6. Additional softskills to be provide by our partners. 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Leader CSR IBM, Koordinator Kampus Merdeka, dan Tim Bidang Transformasi Digital dari Perguruan Tinggi Swasta yang hadir secara luring. 

Share:

More Posts