LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Studi Tiru LLDIKTI Wilayah I ke LLDIKTI Wilayah IV

Bandung – Senin 27 November 2023, bertempat di Gedung Aula LLDIKTI Wilayah IV diadakan kegiatan Kunjungan Kerja, Aptisi, Forum Guru Besar LLDIKTI Wilayah I ke LLDIKTI Wilayah IV. Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M. Samsuri S.Pd., M.T., IPU. hadir secara langsung dan memberikan sambutan selamat datang sekaligus menjelaskan terkait dengan kondisi Perkembangan Perguruan Tinggi yang ada di lingkup LLDIKTI Wilayah IV, termasuk program-program inisiasi MBKM mandiri. Beliau juga menyampaikan bahwa peningkatan jenjang karir akademik di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV di tahun 2023 sangat signifikan, perkembangan akreditasi perguruan tinggi, program studi dan lahirnya guru-guru besar selalu meningkat. LLDIKTI Wilayah IV selain menjadi inisiator untuk menjadi mitra MSIB di kementrian juga mendorong kampus merdeka mandiri. Sejak tahun 2022, berawal dari paguyuban guru besar yang mengadakan acara untuk pengabdian masyarakat, LLDIKTI WIlayah IV untuk mengadakan KKN bersama yang diikuti oleh beberapa perguruan tinggi. Pembiayaannya mandiri dan dikoordinir oleh guru besar yang menjadi panitia. Beliau juga menyampaikan harapan dengan adanya kunjungan LLDIKTI Wilayah I ke LLDIKTI Wilayah IV ini semoga Studi Tiru mengenai PTM2D dapat diterapkan di LLDIKTI Wilayah I sehingga program tersebut dapat menjadi budaya secara nasional. Tentu program PTM2D akan berjalan jika pimpinan-pimpinan daerahnya ada kemauan untuk menyambut mahasiswa hadir di desa-desa, akan memudahkan perguruan tinggi untuk bisa bergerak tidak hanya sebagai menara gading, tetapi betul-betul menjadi menara yang ada di desa karena dapat membantu masyarakat di desa.

Kepala LLDIKTI Wilayah I, Prof. Drs. Saiful Anwar Matondang Ph.D. memberikan sambutan mengenai tujuan LLDIKTI Wilayah I ke LLDIKTI Wilayah IV yaitu Studi Tiru apa yang sudah dilakukan oleh Universitas yang berada di wilayah LLDIKTI Wilayah IV. LLDIKTI I memiliki anak yaitu LLDIKTI 10 dan 13. LLDIKTI Wilayah I baru mengajukan MBKM di tahun ini, karena membutuhkan tambahan sumber daya manusia. 

13 Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah I juga melakukan penandatanganan naskah kerjasama dengan 3 Perguruan Tinggi di LLDIKTI Wilayah IV. Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah I meliputi: 

  1. Universitas Labuhanbatu 
  2. Universitas Harapan Medan 
  3. Universitas Asahan 
  4. Universitas Pembangunan Panca Budi 
  5. Universitas Islam Sumatera Utara 
  6. Institut Teknologi Sawit Indonesia 
  7. Politeknik Cendana 
  8. STIM Sukma 
  9. STKIP Budidaya 
  10. STKIP Al-Makhsum
  11. STOK Bina Guna 
  12. STikes Mitra Husada Medan 
  13. STikes As-Syifa Kisaran 

Perguruan Tinggi LLDIKTI WIlayah IV meliputi: 

  1. Universitas Islam Bandung 
  2. Universitas Pasundan
  3. IKIP Siliwangi.

Dengan diadakannya kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan kelembagaan antara kedua belah pihak dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat dengan ruang lingkup kerja sama Tridharma Perguruan Tinggi juga bidang lain yang disepakati. 

Share:

More Posts