LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Festival Pendidikan Jawa Barat: Sokong Keberlanjutan Merdeka Belajar Dengan Semangat Inovasi dan Kolaborasi

Dalam rangka menyemarakkan Bulan Merdeka Belajar Untuk Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024, 11 UPT dan Satuan Kerja (Satker) Wilayah Jawa Barat termasuk Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV berkolaborasi untuk menyelenggarakan Festival Pendidikan Jawa Barat pada tanggal 29 sampai 31 Mei 2024 di Sabuga ITB yang berlokasi di Jl. Tamansari No. 73, Kota Bandung, Jawa Barat. Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. 

Sebelas UPT dan Satuan Kerja (Satker) Jawa Barat yang berkolaborasi meliputi Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Jawa Barat, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Barat, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Pertanian, Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bisnis dan Pariwisata (BBPPMPV Bispar), Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Mesin dan Teknik Industri (BBPPMPV BMTI), Balai Bahasa Jawa Barat, Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah IX, SEAMEO Regional Center for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Language (SEAQIL), SEAMEO Regional Center for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Science (SEAQIS), dan Centre Of Early Childhood Care Education and Parenting (CECCEP). 

Selain sebelas UPT dan Satker, acara ini juga melibatkan berbagai Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah maupun Komunitas. Sinergitas antar lembaga pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam rangka keberlanjutan merdeka belajar. Pasalnya, dengan kolaborasi antara guru, yayasan dan instansi pendidikan dapat mengakselerasi laju transformasi pendidikan di Indonesia melalui Kurikulum Merdeka.

Festival Pendidikan Jawa Barat menampilkan pameran inovasi dari berbagai perguruan tinggi sebagai salah satu target capaian perguruan tinggi. Selain Pameran Inovasi dari berbagai perguruan tinggi, terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Festival Pendidikan Jawa Barat seperti Talkshow Kepemimpinan PAUD, Simposium Science, Technology, Engineering, and Math (STEM), Talkshow Mindful Parenting, Talkshow Festival Kurikulum Merdeka, hingga Donor Darah.

 Acara ini menjadi ajang sosialisasi keberlanjutan Merdeka Belajar sesuai dengan pesan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. Acara ini bertujuan untuk menguatkan ekosistem pendidikan dan kebudayaan serta membangkitkan semangat kolaborasi dalam melanjutkan gerakan Merdeka Belajar di Provinsi Jawa Barat

“Setelah merasakan hasil dari pembelajaran yang berpusat pada siswa, menurut saya orang-orang akan berusaha keras untuk mempertahankannya” ujar Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) dikutip dari laman Kemendikbudristek.

Dengan diselenggarakannya Festival Pendidikan Jawa Barat 2024 diharapkan dapat memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan di Provinsi Jawa Barat terhadap penting dan strategisnya pendidikan dalam membangun peradaban dan daya saing bangsa. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mendekatkan layanan-layanan UPT dan Satuan Kerja Wilayah Jawa Barat ke publik.