LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH 4

Usulan Kuota KIP Kuliah Merdeka Tahun 2024

Yth.
Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten

Dengan hormat, dalam rangka penyelengaraan dan pelaksanaan program KIP Kuliah dan distribusi kuota KIP-Kuliah bagi Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2024, disampaikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Sehubungan dengan surat dari Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemdikbudristek Nomor ; 1710 /PLPP.2.1/KU/III/2024 tentang Kuota Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Tahun 2024, LLDIKTI Wilayah IV mendapatkan Kuota awal dengan jumlah total 4.193 mahasiswa, terdiri dari Kuota Prodi akreditasi Unggul/A sebanyak 665 mahasiswa, Kuota Prodi akreditasi Baik Sekali/B sebanyak 2.985 mahasiswa, dan Kuota Prodi akreditasi Baik/C sebanyak 543 mahasiswa.
  2. Berdasarkan Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, bahwa Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi (Prodi) yang tidak dan/atau belum terakreditasi, wajib mengajukan permohonan akreditasi kepada BAN-PT dan/atau LAM paling lambat 1 (satu) tahun sejak peraturan menteri diundangkan. Berdasarkan hal tersebut, sesuai arahan Puslapdik pada kegiatan Percepatan Pencairan KIP Kuliah On- Going Semester Genap pada bulan Maret 2024, bahwa pemberian Kuota PIP Pendidikan Tinggi (KIP-Kuliah) mengacu pada Akreditasi PT (AIPT) dan Akreditasi Prodi. Untuk akreditasi Prodi agar dapat terdata dan tersinkronisasi akreditasinya pada laman PDDIKTI.
  3. Berdasarkan Persesjen Kemdikbudristek Nomor 13 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Pendidikan Tinggi, bahwa kuota Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bagi Perguruan Tinggi Swasta ditetapkan berdasarkan dan memperhatikan jumlah penerima Program KIP Kuliah pada Perguruan Tinggi Swasta tahun sebelumnya; daya tampung mahasiswa; akreditasi program studi dan pertimbangan lain dari LLDIKTI. Usulan atau permohonan kuota dari perguruan tinggi bukan merupakan jumlah kuota yang akan diterima nanti oleh Perguruan Tinggi, tetapi sebagai bahan pertimbangan LLDIKTI dalam distribusi kuota yang akan disampaikan kepada Perguruan Tinggi melalui sosialisasi, surat resmi dan secara elektronik. Informasi tersebut dapat dilihat di laman (SIM) KIP-Kuliah (https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/sim). Perguruan Tinggi agar dapat memahami secara rinci teknis dan pelaksanaan Program KIP Kuliah (Persesjen No. 13 Tahun 2023).
    Sebagai bahan pertimbangan mohon agar dapat menyiapkan dokument file pendukung yang harus di uploadkan dan dikirimkan sesuai (format terlampir), PTS menyedikan link gdrive yang berisi folder file-file antara lain :
    • Surat disampaikan kepada LLDIKTI Wilayah IV paling lambat pada hari Jumat tanggal 14 Juni 2024.
    • Surat permohonan kuota kesanggupan menjadi penyelenggara KIP kuliah.
    • Format Excel Usulan KIP Kuliah
    • Sertifikat akreditasi Perguruan Tinggi (APT), data akreditasi Prodi dan Screenshoot Akreditasi pada laman PDDIKTI yang masih berlaku.
    • Surat tugas pengelola akun KIP kuliah pada sistem KIP Kuliah.Surat Pernyataan Pakta Integritas Penyelenggaraan KIP 2024
    • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)
    • Surat Keputusan Laporan rata-rata biaya pendidikan pada program studi penerima Program KIP Kuliah dengan melampirkan hasil perhitungan bagi PTS yang sebelumnya menyelenggarakan KIP Kuliah.
    • Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pelaksanaan KIP Kuliah dan Kontrak KIP Kuliah bagi PTS yang sebelumnya menyelenggarakan KIP Kuliah.
    • Laporan Pddikti 100%
    • SOP Proses : Pelaksanaan Penyelenggaraan KIP Kuliah di Perguruan Tinggi
  4. Surat disampaikan kepada LLDIKTI Wilayah IV paling lambat pada hari Jumat tanggal 14 Juni 2024.
    • Upload surat permohonan dan lampiran ke aplikasi https:empat.lldikti4.or.id melalui menu permohonan beasiswa KIP kuliah.
    • Permohonan disampaikan juga melalui link : https://bit.ly/Usulan-Kuota-KIP-2024-LLDIKTI-IV paling lambat tanggal 15 Juni 2024
    • Kami mohon juga surat permohonan + lampiran2 dapat diuploadkan pada aplikasi beasiswa.lldikti4.id atau empat.lldikti4.id
    • Format softcopy dapat diunduh pada https://bit.ly/format-file-kip2024-lldikti4
    • Informasi lebih lanjut dapat menghubungi email kipkuliah@lldikti4.id

Demikianlah surat ini disampaikan, atas perhatian dan kerja samanya diucapkan terima kasih. Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih